Sunday, April 21, 2024
spot_img
HomeInternationalTurki Hadapi Pilpres Putaran Kedua, Erdoğan Unggul di Putaran Pertama

Turki Hadapi Pilpres Putaran Kedua, Erdoğan Unggul di Putaran Pertama

INAKINI.COM – Turki menuju pemungutan suara putaran kedua setelah Presiden Recep Tayyip Erdoğan memimpin atas saingan oposisinya Kemal Kılıçdaroğlu dalam pemilihan hari Minggu (14/5) tetapi gagal mencapai mayoritas langsung untuk memperpanjang kekuasaannya selama 20 tahun di negara anggota NATO itu.

Baik Erdoğan maupun Kemal Kılıçdaroğlu tidak memenuhi ambang batas 50% yang diperlukan untuk menghindari putaran kedua, yang akan diadakan pada 28 Mei, dalam pemilihan yang dilihat sebagai keputusan Erdogan yang semakin otoriter.

Pemungutan suara presiden tidak hanya akan memutuskan siapa yang memimpin Turki tetapi juga apakah akan kembali ke jalur yang lebih sekuler dan demokratis, bagaimana akan menangani krisis biaya hidup yang parah, dan mengelola hubungan kunci dengan Rusia, Timur Tengah dan Barat.

Kilicdaroglu, yang mengatakan dia akan menang dalam putaran kedua, mendesak para pendukungnya untuk bersabar dan menuduh partai Erdogan mengganggu penghitungan dan pelaporan hasil.

Tapi Erdogan tampil lebih baik dari prediksi jajak pendapat pra-pemilihan, dan dia tampil dengan percaya diri dan suasana hati yang agresif ketika dia berbicara kepada para pendukungnya.

“Kami sudah mengungguli saingan terdekat kami dengan 2,6 juta suara. Kami berharap angka ini meningkat dengan hasil resmi,” kata Erdogan.

Dengan hampir 97% kotak suara dihitung, Erdogan memimpin dengan 49,39% suara dan Kilicdaroglu memiliki 44,92%, menurut kantor berita milik negara Anadolu. Dewan Pemilihan Tinggi Turki memberi Erdogan 49,49% dengan 91,93% kotak suara dihitung.

Ribuan pemilih Erdogan berkumpul di markas partai di Ankara, membunyikan lagu-lagu partai dari pengeras suara dan mengibarkan bendera. Beberapa menari di jalan.

“Kami tahu ini belum benar-benar sebuah perayaan tapi kami harap kami akan segera merayakan kemenangannya. Erdogan adalah pemimpin terbaik yang kami miliki untuk negara ini dan kami mencintainya,” kata Yalcin Yildrim, 39, yang memiliki sebuah pabrik tekstil.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments