Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeInternationalMantan Presiden AS Donald Trump Ditahan

Mantan Presiden AS Donald Trump Ditahan

Menurut dua sumber, Trump akan menghadapi sekitar 30 dakwaan terkait tuduhan penipuan dokumen yang terkait dengan pembayaran uang suap selama kampanye presiden 2016.

Investigasi jaksa berpusat pada pembayaran uang tutup mulut yang dilakukan menjelang pemilu 2016 kepada dua wanita yang mengaku pernah berselingkuh dengan Trump.

Trump membantah perselingkuhan itu dan melakukan kesalahan apa pun.
Michael Cohen, pengacara Trump, membayar bintang film dewasa Stormy Daniels USD 130.000 atau sekitar Rp 1,9 miliar pada hari-hari terakhir kampanye. Dia mengatakan melakukan pembayaran itu atas arahan Trump, dan ia telah mengakui membayar kembali Cohen melalui pembayaran yang diberi label sebagai biaya hukum.

Jaksa juga menanyai saksi tentang tuduhan bahwa uang suap USD 150 ribu (Rp 2,2 miliar) sebelumnya telah dibayarkan kepada mantan playmate Playboy Karen McDougal, kata dua sumber yang mengetahui pekerjaan dewan juri Manhattan.

Cohen yang bersaksi di depan dewan juri – mengakui bahwa dia terlibat dalam kedua pembayaran tersebut dalam pengakuan bersalah di pengadilan federal Manhattan pada tahun 2018.

Di bawah undang-undang negara bagian New York 2019 yang dikritik Trump saat menjadi presiden terlalu lunak terhadap kejahatan, tuduhan yang kini dihadapinya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pembebasan dengan jaminan karena itu adalah pelanggaran tanpa kekerasan.

Pakar hukum mengatakan hakim dapat membatasi perjalanan Trump tetapi tidak mungkin melakukannya karena dia mencalonkan diri sebagai presiden dan tidak menganggapnya sebagai risiko penerbangan.

Trump sendiri membantah melakukan kesalahan, menyebut penyelidikannya sebagai perburuan penyihir dan menuduh jaksa wilayah rasis. Dia juga tidak percaya bisa mendapatkan keadilan di pengadilan.

Ia juga meminta hakim baru untuk memimpin kasusnya dengan mengatakan hakim Juan Merchant seorang pembenci Trump. Dakwaan ini hanyalah awal dari proses hukum yang panjang dalam kasus yang bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk diselesaikan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments