Saturday, April 20, 2024
spot_img
HomeTravelMenhub Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Jemaah Haji 2023

Menhub Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Jemaah Haji 2023

INAKINI.COM – Bandara Kertajati resmi ditetapkan sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi haji tahun 2023/1444 Hijriah oleh Kementerian Agama Indonesia (Kemenag).

Menteri Perhubungan Indonesia (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Minggu (19/03), meninjau bandara Kertajati yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini untuk memastikan kesiapan infrastruktur tersebut melayani penerbangan haji.

“Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7 ribu sampai dengan 8 ribu jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati,” ujar Menhub usai peninjauan.

Menghub mengungkapkan bahwa bandara Kertajati akan didukung oleh Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) yang ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan April 2023.

“Dengan beroperasinya jalan Tol Cisumdawu, waktu tempuh Bandung ke Kertajati maupun sebaliknya bisa ditempuh kurang lebih satu jam. Kita harapkan Bandara Kertajati akan semakin hidup, Tol Cisumdawu semakin ramai, dan masyarakat di sekitar Subang yang akan menuju bandara maupun sebaliknya semakin nyaman karena aksebilitasnya semakin mudah,” ujar Budi Karya Sumadi.

Sebanyak 20 kloter atau sekitar 7.000-8.000 jemaah haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati berasal berasal dari 7 kabupaten/kota di Jawa Barat, yakni:

  1. Kota Cirebon
  2. Kabupaten Cirebon
  3. Kabupaten Majalengka
  4. Kabupaten Indramayu
  5. Kabupaten Kuningan
  6. Kabupaten Subang
  7. Kabupaten Sumedang
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments