Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeASEANJV Adhi-PP, BUMN Indonesia Raih Kontrak Proyek Railway di Filipina

JV Adhi-PP, BUMN Indonesia Raih Kontrak Proyek Railway di Filipina

INAKINI.COM – Kementerian Transportasi Filipina/ Department of Transportation (DOTr) Philippines telah menunjuk kontraktor dari Filipina, Indonesia, dan Spanyol pada proyek pembangunan jalur kereta api bagian Manila dari North-South Commuter Railway (NSCR) senilai Peso 40 miliar.

Dalam pengumuman pemenang pada 17 Februari 2023, DOTr telah menetapkan kontraktor pemenang pada paket pekerjaan CP S-01 kepada perusahaan Joint Venture asal Indonesia PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT PP (Persero) Tbk.

Kontrak senilai Peso 11,29 miliar dan $6,88 juta, atau hampir Peso 382 juta, mencakup pekerjaan sipil untuk Blumentritt extension dari Malolos-Clark Railway, jalur utara NSCR.

Adapun lingkup pekerjaan JV Adhi-PP, Kontraktor Indonesia, yakni membangun struktur jembatan kereta api, termasuk stasiun layang di Blumentritt. Berdasarkan studi, perpanjangan Blumentritt akan membentang setidaknya 1,2 kilometer dan harus selesai dalam 1.460 hari kalender.

Dalam penghargaan terpisah, DOTr menunjuk pemenang paket pekerjaan CP S-02 pada perusahaan Joint Venture Acciona Construction Philippines Inc.—unit lokal dari perusahaan multinasional Spanyol—dan D.M. Consunji Inc. (DMCI). Jumlah kontrak hampir Peso 29 miliar, termasuk $72,31 juta dan 5,07 juta euro.

Lingkup pekerjaan untuk paket CP S-02, antara lain: pembangunan struktur viaduk kereta api, serta stasiun layang, di España, Sta. Mesa dan Paco.

Ruas tersebut akan menempuh jarak 7,9 kilometer dan harus selesai dalam 1.612 hari kalender, menurut DOTr.

Setelah itu, DOTr juga memberikan penghargaan pada paket pekerjaan CP S-03A, jalur Manila ke Taguig; S-03B, bentangan Taguig ke Parañaque; dan S-03C, segmen Parañaque ke Muntinlupa, pada bulan Maret 2023.

Untuk mempermudah dan mempercepat pembangunan NSCR, DOTr akan menutup layanan kereta api dibawah otoritas Philippine National Railways (PNR) selama lima tahun.

DOTr mengatakan penangguhan operasi PNR akan mempercepat pekerjaan sipil NSCR selama delapan bulan, memungkinkan pemerintah menghemat Peso 15,18 miliar karena pembebasan lahan dan relokasi utilitas akan dipercepat.

PNR akan menghentikan layanan hariannya dari Gubernur Pascual, Kota Malabon ke Calamba, Laguna, serta dari Alabang, Kota Muntinlupa ke Calamba, pada bulan Mei 2023. Setelah itu, PNR akan menangguhkan layanan kereta api antara Alabang dan Tutuban, Kota Manila pada bulan Oktober 2023.

Sebagai tanggapan, DOTr berencana mengeluarkan waralaba khusus untuk memilih bus yang akan melayani sekitar 30.000 penumpang yang akan terpengaruh oleh penutupan rute PNR.

Diharapkan proyek NSCR akan selesai pada tahun 2028, NSCR senilai Peso 873,62 miliar membangun rel kereta api yang akan menghubungkan Malolos, Bulacan dengan Bandara Internasional Clark dan Tutuban dengan Calamba.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments