Thursday, March 28, 2024
spot_img
HomeASEANVietnam Perlu Investasi Listrik $8 -$14 Miliar Per Tahun Hingga 2030

Vietnam Perlu Investasi Listrik $8 -$14 Miliar Per Tahun Hingga 2030

INAKINI.COM – Vietnam akan membutuhkan investasi antara $8 miliar hingga $14 miliar per tahun hingga 2030 untuk mengembangkan pembangkit listrik baru dan memperluas jaringannya, kata wakil menteri industri pada Rabu (10/8).

Dari jumlah tersebut, 75 persen akan dihabiskan untuk pembangkit listrik baru, dengan prioritas diberikan pada sumber terbarukan, dan 25 persen untuk perluasan jaringan, kata Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan/ Vice Minister of the Ministry of Industry and Trade (MOIT) Vietnam Dang Hoang An dalam sebuah pernyataan.

Dang Hoang An mengatakan negara akan berusaha untuk mengumpulkan dana dari investor swasta untuk proyek pembangkit listrik baru, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Vietnam, pusat manufaktur regional, perlu meningkatkan kapasitas pembangkit listrik terpasang sekitar 10 persen per tahun untuk mendukung ekonomi dan populasi yang tumbuh cepat.

Dang Hoang An, yang berjanji tahun lalu untuk menjadi carbon-neutral pada tahun 2050, akan meningkatkan kapasitas offshore wind menjadi 7 gigawatt (GW) pada tahun 2030 dan menjadi 65 GW pada tahun 2045, sambil memangkas proporsi batubara dalam bauran energinya.

“Vietnam tidak akan menambah pembangkit listrik tenaga batu bara baru ke dalam rencana pengembangan tenaga listrik induknya, dan hanya akan melanjutkan proyek batu bara yang sedang dibangun hingga 2030,” kata An.

Kementerian bulan lalu meminta pemerintah untuk menghapus proyek batu bara masa depan dengan kapasitas gabungan 14,12 GW dari rencana pengembangan tenaga listrik yang sedang disusun.

Di bawah rancangan terbaru dari rencana pengembangan tenaga listrik, total kapasitas pembangkit listrik terpasang Vietnam akan dinaikkan menjadi 121 GW pada tahun 2030 dan menjadi 284 GW pada tahun 2045, dari 76,6 GW pada akhir tahun lalu, menurut media pemerintah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments