Wednesday, May 15, 2024
spot_img
HomeInternationalJosé Ramos-Horta Dilantik Presiden Kelima Timor Leste Pada 19 Mei 2022

José Ramos-Horta Dilantik Presiden Kelima Timor Leste Pada 19 Mei 2022

INAKINI.COM – Tokoh kemerdekaan Timor-Leste dan peraih Nobel José Ramos-Horta dilantik sebagai presiden kelima periode 2022-2027 negara itu pada hari Kamis (19 Mei 2022). Ia berjanji untuk mendedikasikan waktunya di kantor untuk memperkuat persatuan nasional dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan China.

Ramos-Horta, yang menghabiskan puluhan tahun sebagai juru bicara gerakan gerilya di pengasingan selama pendudukan Indonesia, sebelumnya menjabat sebagai presiden 2007-2012, perdana menteri, hingga menteri luar negeri sebelum itu.

Ribuan orang melakukan perjalanan untuk menyaksikan pelantikan di ibu kota Dili, dengan pria berusia 72 tahun itu dilantik tepat sebelum tengah malam dalam sebuah upacara yang penuh dengan kembang api dan tembakan meriam di Tasi-Tolu, Dili, Timor Leste.

Dia mengatakan dia akan mendorong ketahanan pangan yang lebih besar dan mengusulkan pembuatan dana kopi untuk melindungi petani dari fluktuasi harga global.

“Terutama di bidang pertanian organik yang berkelanjutan, industri kecil, perdagangan, teknologi baru, energi terbarukan, konektivitas, digitalisasi, kecerdasan buatan, dan infrastruktur perkotaan dan pedesaan.”

Salah satu negara yang paling bergantung pada minyak dan gas di dunia, negara setengah pulau berpenduduk 1,3 juta orang ini tengah bergulat dengan diversifikasi ekonominya dan mengurangi tingkat kemiskinan yang tinggi.

Sementara ia mencalonkan diri dalam pemilihan presiden sebagai calon independen, Ramos-Horta didukung oleh partai National Congress for Timorese Reconstruction (CNRT), yang dipimpin oleh mantan presiden dan perdana menteri Xanana Gusmao.

Xanana Gusmao telah sangat mempromosikan proyek Tasi Mane, yang akan melihat potensi minyak dan gas dari ladang Greater Sunrise dikembangkan di darat, dan kerjasama dengan China disebut-sebut sebagai pengembang potensial.

Ramos-Horta juga mengatakan dia akan terus membina hubungan khusus dengan Amerika Serikat, dan mengadvokasi Timor-Leste untuk bergabung dengan ASEAN.

Upacara peresmian pada hari Jumat menandai 20 tahun sejak pemulihan kemerdekaan Timor Timur (nama lama Timor-Leste).

Presiden Timor Leste periode 2022-2027 Jose Ramos Horta (kedua kanan) mengucapkan sumpah jabatan disaksikan Ketua Parlemen Timor Leste Ancieto Longuinhos (ketiga kanan) dan Presiden Timor Leste periode 2017-2022 Francisco Guterres (kiri) saat Pelantikan Presiden Timor Leste di Tasi-Tolu, Dili, Timor Leste, Kamis (19/5/2022) malam.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments