Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeASEANPenonton SEA Games Ke-31 Tidak Wajib Tes Covid-19

Penonton SEA Games Ke-31 Tidak Wajib Tes Covid-19

INAKINI.COM – SEA Games 2021 yang sempat ditunda akhirnya telah mendapatkan jadwal terbaru. Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022 dan masih akan berlangsung di Vietnam.

Seyogyanya SEA Games ke-31 digelar pada 21 November – 2 Desember 2021, namun karena pandemi Covid-19 belum mereda membuat pesta olahraga multievent terbesar se-Asia Tenggara ditunda.

Penonton yang hadir dalam pertandingan di SEA Games ke-31 tidak diwajibkan melakukan tes Covid-19 sebelum memasuki stadion, sesuai pedoman Kementerian Kesehatan Vietnam.

Tamu di acara setingkat wakil menteri ke atas serta ketua dan wakil kepala delegasi olahraga tidak perlu menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 saat memasuki Vietnam atau mengikuti tes saat kedatangan. Mereka juga tidak perlu menjalani karantina pada saat kedatangan.

Sementara itu, pejabat olahraga, wasit, dan atlet harus memiliki sertifikat hasil tes RT-PCR/RT-LAMP negatif yang diambil dalam waktu 72 jam atau tes antigen cepat dalam waktu 24 jam sebelum memasuki Vietnam tetapi tidak wajib dikarantina.

Pelatih dan atlet harus mengikuti tes cepat Covid-19 24 jam sebelum setiap kompetisi.

Pedoman tersebut juga mencantumkan langkah-langkah pengendalian Covid-19 yang akan diterapkan di fasilitas akomodasi untuk tamu dan atlet, menyiapkan area pengujian dan tim yang menyediakan layanan medis dan keamanan makanan.

Ruang karantina dan perawatan juga akan diatur untuk pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan.

Atlet akan melakukan perjalanan dalam rute tertutup antara tempat akomodasi, pelatihan, dan kompetisi mereka.

Stadion yang menjadi tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan akan didesinfeksi sebelum acara, sementara tim medis bersiaga untuk memberikan bantuan darurat dan tes Covid-19 kepada mereka yang diduga terinfeksi.

Pertandingan akan berlangsung tanpa penonton atau jumlah penonton yang terbatas atau tidak terbatas tergantung pada situasi Covid-19 di setiap wilayah.

Jika pasien COVID-19 terdeteksi, pasien harus dikarantina di akomodasi mereka atau menerima perawatan di pusat kesehatan tergantung pada kondisi kesehatannya.

SEA Games ke-31 akan berlangsung di Hà Nội dan 11 daerah tetangga di wilayah utara dari 12-23 Mei 2022.

Ini akan menampilkan 40 olahraga dengan 526 acara, menarik sekitar 10.000 peserta.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments