Saturday, May 18, 2024
spot_img
HomeNewsMenko Airlangga Berharap Prokes Masyarakat Saat Ramadan Tidak Kendor

Menko Airlangga Berharap Prokes Masyarakat Saat Ramadan Tidak Kendor

INAKINI.COM – Pemerintah telah menetapkan untuk menjalankan beberapa strategi untuk mengendalikan kondisi pandemi Covid 19 hingga bisa menjaga stabilnya kondisi di banyak daerah Indonesia.

Beberapa penerapan protokol kesehatan (prokers) dalam pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan ini masih terus dilakukan.

Dilansir dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang mana mengatakan secara langsung bahwa dari angka Reproduksi Kasus Ekektif Indonesia telah mengalami perbaikan di semua Pulau. Dari perhitungan angka Rt Nasional dalam waktu satu pekan terakhir tercatat mengalami penurunan sampai 1,00 sampai 1.02 bila dibandingkan dengan satu minggu sebelumnya.

Baca Juga : Menko Marves: Situasi Pandemi Membaik, Ekonomi Kian Bangkit

Masih terdapat dua provinsi yang memiliki kasus aktif paling tinggi yang mana ditetapkan pada BOR dengan kondisi masih memadai. Kemudian terdapat konversi TT Covid 19 di Rumah Sakit yang masih dikatakan rendah. Provinsi Papua dan Provinsi NTB menjadi provinsi dengan angka kasus tertinggi pada Senin (4/4/2022).

Dari aturan masuk hingga kedatangan para Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) sendiri masih sebagaian besar dari luar Indonesia memberi persyaratan Vaksinasi Dosis lengkap. Hanya saja sekarang tidak ada ketersediaan syarat hasil tes PCR dan juga entry Test Negatif.

Beberapa contoh negara yang sudah memberlakukan persyaratan vaksinasi lengkap untuk bisa masuk ke negaranya adalah Amerika Serikat, Australia, Singapura, Malaysia, Australia, dan Arab Saudi sedangkan Inggris sendiri tidak memberi persyaratan tersebut.

Sedangkan dari negara yang menerapkan persyaratan negatif tes PCR untuk keberangkatan diantaranya Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, sedangkan dari Arab Saudi dan Inggris tidak memberi persyaratan tersebut.

Untuk tes PCR pada persyaratan kedatangan hanya masih diberlakukan bagi suspect Covid 19 yang memiliki gejala seperti gejala demam ataupun suhu badan di atas 37.5%.

Lihat Juga : Kemenag: Perluas Dakwah Rahmatan Lil ‘alamin, Kirim Dai ke Perbatasan

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments