Friday, April 19, 2024
spot_img
HomeASEANDelegasi Malaysia Kunjungi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

Delegasi Malaysia Kunjungi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

INAKINI.COM – Delegasi Malaysia yang terdiri dari Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Sabah dan Sarawak) Datuk Seri Maximus Ongkili dan Wakil Perdana Menteri Sarawak Datuk Amar Awang Tengah Ali Hasan mengunjungi lokasi ibu kota baru Indonesia, Nusantara pada Selasa (29/3).

Dalam sebuah wawancara dengan media di sana, Awang Tengah mengatakan bahwa merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk berada di “titik nol” (titik KM 0) ibu kota baru Indonesia.

Ia juga menyampaikan keyakinannya bahwa Nusantara, setelah selesai, akan berdampak positif bagi Pulau Kalimantan khususnya Sarawak dan Sabah yang merupakan tetangga terdekat Kalimantan di Indonesia.

“Kami berbagi batas. Makanya kami melihat relasi dan ikatan (antara kami) harus diperkuat. Banyak peluang yang akan muncul. Bersama dengan pihak swasta khususnya dari Sarawak dan Sabah, mereka bisa dilibatkan (dalam kesempatan seperti itu).”

“Kita bisa meningkatkan perdagangan perbatasan dan juga melihat pembangunan perbatasan bersama. Dengan pembangunan infrastruktur di Kalimantan yang melibatkan jalan dari Kalimantan Barat ke Kalimantan Utara, kami perlu melihat peningkatan kompleks customs, immigration and quarantine (CIQ atau bea cukai, imigrasi dan karantina) kami saat ini dan membangun yang baru, ”katanya.

Sementara itu, Datuk Seri Maximus Ongkili mengatakan, saat pembangunan Nusantara masih dalam tahap awal, delegasi Malaysia telah melihat dan diberi pengarahan mengenai masterplan dan kerangka waktunya.

“Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta akan membantu investor dari Malaysia yang tertarik untuk berinvestasi atau berpartisipasi (dalam pembangunan Nusantara). Tapi sebagai permulaan, kita harus memperkuat ekonomi perbatasan yang sudah lama ada di antara daerah-daerah di Kalimantan,” katanya.

Kunjungan mereka ke Nusantara merupakan bagian dari kunjungan kerja resmi mereka ke Indonesia. Turut dalam delegasi tersebut adalah Wakil Ketua Menteri Sabah Datuk Joachim Gunsalam.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments