Saturday, April 27, 2024
spot_img
HomeTechnologyCara Kenali Situs Website Hoax dan Penipuan, Agar Anda Tidak Kena Tipu-Tipu

Cara Kenali Situs Website Hoax dan Penipuan, Agar Anda Tidak Kena Tipu-Tipu

INAKINI.COM – Banyaknya kasus penipuan dengan berbagai kedok investasi berbasis aplikasi maupun website membuat masyarakat semakin resah. Padahal ada cara-cara sederhana untuk bisa mencegah tindak penipuan tersebut yang mana diperhitungkan mampu mengurangi tingkat resiko dari investasi. Masyarakat umum masih sering mendapat beberapa penawaran baik investasi modal minim ataupun di bidang properti. Sehingga ada beberapa poin penting dimana Anda perlu mencermati seperti apa situs website yang cenderung menyebarkan berita hoax dan mengarah ke tindak penipuan.

Mengecek Dari Nama Domain

Dari awal ada ketentuan dimana nama domain menjadi salah satu patokan utama dimana situs website terpercaya pastinya memakai konsep pembuatan lebih akurat dan juga memperkenalkan nama perusahaan ataupun jasa.

Jika menggunakan domain umum seperti blogspot sebaiknya berhati-hati karena dari keasliannya masih diragukan. Karena itu blogspot ini masih menjadi domain blog bukan situs resmi sehingga siapa saja bisa membuatnya.

Baca Juga : Azka vs Vicky Akan Bertarung Bukan Karena Kalina

Cek Dari Informasi Kontak

Secara tidak langsung ada beberapa poin dari kriteria website palsu dan memberi informasi hoax, yakni dari informasi kontak di dalam website. Bisa dikatakan website tanpa kontak rata-rata tidak dapat dipercaya. Sehingga dari beberapa sumber terpercaya memperlihatkan seperti apa kriteria dari sebuah website yang benar-benar efektif dan tidak terkenal penipuan.

Gunakan Fitur Whois

Untuk lebih mudah dalam mengecek sebuah website benar-benar memberi informasi tepat dibalik domain website bisa mengakses tool Whois.

Dari tool Whois ini juga mampu mengecek seperti apa kualitas dari domain website baik sebuah situs yang ada di dalam domai internet global ICANN ataupun sebaliknya.

Lihat Juga : Shanghai Perluas Lockdown Imbas Kenaikan Kasus Covid-19

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments