Saturday, May 4, 2024
spot_img
HomeFinanceTingkatkan Ekspor Nasional, LPEI Berkolaborasi Dengan Bank BJB

Tingkatkan Ekspor Nasional, LPEI Berkolaborasi Dengan Bank BJB

INAKINI.COM – Untuk meningkatkan kinerja ekspor, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank berkolaborasi dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) untuk bekerja sama melakukan penjaminan kredit.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Eksekutif LPEI, Rijani Tirtoso dan Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi di Kantor Pusat LPEI pada Jumat (25/03).

Fasilitas penjaminan kredit, baik dalam bentuk modal kerja maupun investasi, merupakan bentuk dukungan LPEI terhadap program dan kebijakan pemerintah dalam hal peningkatan kinerja ekspor nasional agar semakin membaik.

“Kami mengapresiasi dukungan Bank BJB terhadap program pemerintah untuk meningkatkan ekspor nasional melalui kerja sama penjaminan kredit ini. Peran kami sebagai Credit Enhancer juga akan semakin optimal dan terakselerasi dengan kerja sama penjaminan kredit dengan Bank BJB. Dengan begitu, eksportir juga akan semakin leluasa untuk mendapatkan akses pembiayaan dan mengembangkan kapasitas bisnisnya,” ujar Tirtoso.

Kerja sama ini merupakan wujud dari mandat regulasi serta memperkuat sinergi antara kedua belah pihak yang sudah berjalan sebelumnya.

Melalui fasilitas ini diharapkan LPEI dapat memberikan penjaminan terhadap kredit dari nasabah Bank BJB (eksportir) yang telah memenuhi syarat.

Melalui kerjasama ini, LPEI optimis Bank BJB akan turut membantu memperluas akses pembiayaan ekspor.

Dengan demikian, LPEI juga mengedepankan perannya yaitu “fill the market gap”, melengkapi fasilitas pembiayaan.

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya kedua institusi ini telah menjalin kerja sama terkait dengan cash management system. Kerja sama ini merupakan implementasi regulasi yang diamanatkan kepada LPEI dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2009 pasal 7C yaitu “Penjaminan bagi Bank yang menjadi mitra penyediaan pembiayaan transaksi ekspor yang telah diberikan kepada eksportir Indonesia”.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments