Thursday, March 28, 2024
spot_img
HomeASEANSingapura Tiadakan Stempel Paspor Bagi Wisatawan Ganti e-Pass

Singapura Tiadakan Stempel Paspor Bagi Wisatawan Ganti e-Pass

Tidak ada lagi stempel paspor untuk pengunjung atau wisatawan ke Singapore atau Singapura karena tiket kunjungan elektronik dikeluarkan

Semua orang asing yang memasuki Singapura dengan tiket kunjungan jangka pendek tidak akan lagi dicap paspornya.

Sebagai gantinya, mereka akan diberikan electronic visit passes atau tiket kunjungan elektronik (e-Pass).

Ini adalah bagian dari upaya Immigration & Checkpoints Authority’s (ICA) untuk memberikan “izin imigrasi yang lebih aman, lebih aman, dan lebih lancar” ketika Singapura secara bertahap membuka kembali perbatasannya, kata badan tersebut dalam siaran pers pada 12 Maret 2022.

e-Pass memberikan kenyamanan yang lebih besar

e-Pass pertama kali diterbitkan di Bandara Changi pada Oktober 2021, tetapi penerbitannya telah diperpanjang secara bertahap ke semua pos pemeriksaan mulai 11 Maret 2022.

Pengesahan izin kunjungan jangka pendek bertinta pada paspor akan dihentikan secara bertahap.

e-Pass akan diterbitkan ke alamat email yang telah dinyatakan oleh pengunjung asing di Kartu Kedatangan SG setelah melewati imigrasi.

Ini akan berisi perincian izin kunjungan yang diberikan, termasuk jumlah maksimum hari menginap dan hari terakhir menginap yang diizinkan di Singapura.

E-Pass akan memastikan bahwa pengunjung asing tidak perlu lagi khawatir kehabisan halaman untuk stempel imigrasi di paspor mereka.

Mengambil informasi e-Pass mereka juga dapat dilakukan dengan mudah, melalui Portal Pertanyaan e-Pass ICA di platform e-Service Kartu Kedatangan SG.

Pengunjung asing cukup memasukkan nomor Disembarkation/Embarkation (DE) yang diberikan kepada mereka melalui portal setelah mereka mengajukan aplikasi Kartu Kedatangan SG.

ICA mengingatkan pengunjung asing untuk mendapatkan visa Singapura yang valid dan persetujuan masuk yang relevan sebelum memasuki Singapura.

Mereka juga harus menyerahkan Kartu Kedatangan SG mereka dalam waktu tiga hari sebelum tanggal kedatangan di Singapura.

Karena e-Pass akan dikirim ke alamat email yang tertera di Kartu Kedatangan SG, pengunjung asing diingatkan untuk memberikan alamat email yang akurat dan valid dalam pengiriman Kartu Kedatangan SG mereka.

Selain itu, pengunjung asing dapat memberikan alamat email proxy atas nama anggota keluarga mereka yang tidak memiliki akun email.

E-Pass adalah bagian dari New Clearance Concept (NCC) ICA, yang akan mengotomatiskan izin imigrasi untuk semua pelancong.

NCC akan dioperasionalkan di semua pos pemeriksaan mulai tahun 2023.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments