Saturday, April 27, 2024
spot_img
HomeBUMNSiap Produksi Biji Plastik, Kilang Pertamina Plaju Mampu Pasarkan ke Semua Daerah...

Siap Produksi Biji Plastik, Kilang Pertamina Plaju Mampu Pasarkan ke Semua Daerah Indonesia

Indonesia memiliki potensi untuk memproduksi biji plastik. Karena itulah sepanjang tahun 2021 lalu PT Kilang Pertamina Internasional atau PT KPI Refinery Unit III Plaju telah berhasil memproduksi sebanyak 42 ribuan ton biji plastik.

Bahan biji plastik ini nantinya diproduksi dengan merk Polytam yang kemudian akan dipasarkan ke semua daerah Indonesia.

Dilansir dari pernyataan Area Manager Communication, Relations dan CSR PT KPI RU III Plaju, Siti Rachmi Indahsari menyatakan bahwa pencapaian produksi Polytam masih cukup kuat untuk menambah kontribusi Kilang Pertamina Plaju di dalam memenuhi bahan baku plastik hingga mengurangi ketergantungan impor.

Dari pencapaian tersebut juga dapat memenuhi kebutuhan industri plastik nasional yang kemudian akan menciptakan kualitas hasil polypropylene dengan kualitas tinggi.

Siti Rachmi pada Senin 24/1/2022 juga memberi informasi bahwa Polytam juga diproduksi di Kilang Pertamina Plaju yang mana diluncurkan sejak tahun 1972 kemudian memiliki teknologi kilang yang memberi peningkatan kapasitas produksi di tahun 1993. Adapun spesifikasi yang menjadi keunggulan produk dengan kualitas tinggi, yakni adanya karakter tahan panas dan oksidasi hingga warna yang lebih putih.

Siti juga menjelaskan kembali bahwa Kilang Polypropylene RU III Plaju mempunyai kapasitas produksi mencapai 42.000 ton dalam waktu 7.944 jam operasi hingga dapat menghasilkan hampir enam ton homopolymer berbentuk pellet dalam satu jamnya.

Bentuk inovasi yang dilakukan di dalam Kilang Polypropylene juga memberi standar robotic bagging hingga dapat memberi bantuan di proses pengemasan. Produk Polytam juga dapat dikemas dengan kapasitas 25kg hingga mampu didistribusikan ke semua Indonesia termasuk Medan, Palembang, Semarang, Bandung, Jakarta, dan Surabaya.

Kualitas dari Polytam yang diproduksi dalam Kilang Pertamina Plaju ini sudah memenuhi beberapa aspek standar utama baik itu adanya Certification of IMS RU III, kemudian Certification of QMS RU III dan Certification of National Accreditation Commitee KAN Refinery Laboratory.

Dari Kilang Pertamina Plaju bukan hanya menghasilkan beberapa produk BBM dan LPG berkualitas tinggi, tetapi juga memproduksi produk petrochemical lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments