Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeNewsMulai 19 Januari 2022, Minyak Goreng Kemasan Dijual Rp 14.000 Per Liter

Mulai 19 Januari 2022, Minyak Goreng Kemasan Dijual Rp 14.000 Per Liter

Menteri Perdagangan Indonesia (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan minyak goreng kemasan dengan harga khusus yakni Rp 14.000 per liter dimulai pada Rabu (19/01) dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

“Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng sebesar Rp 14.000 per liter akan di mulai pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022 pukul 00.01 WIB di seluruh Indonesia,” ujar Mendag dalam konferensi pers, Selasa (18/01/2022).

Melalui kebijakan ini, baik itu minyak goreng kemasan premium maupun kemasan sederhana akan dijual dengan harga setara Rp 14.000 per liter. Artinya, semua jenis kemasan baik kualitas premium maupun sederhana dengan ukuran mulai dari 1 liter sampai dengan 25 liter diperuntukkan bagi kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan usaha kecil.

Sebagai awal pelaksanaannya, kebijakan penyediaan minyak goreng dengan satu harga ini akan dilakukan terlebih dahulu melalui ritel modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).

Kemudian, untuk pasar tradisional, akan diberikan waktu penyesuaian selambat-lambatnya 1 minggu dari tanggal pemberlakuan.

“Jadi mulai Rabu, 19 Januari 2022 pukul 00.01 seluruh ritel modern akan menyediakan minyak goreng kepada masyarakat dengan harga Rp 14.000 per liter. Namun, khusus untuk pasar tradisional diberikan waktu penyesuaian selambat-lambatnya 1 minggu dari tanggal pemberlakuan,” terang Mendag.

Dikatakan Lutfi, minyak goreng subsidi ini akan disiapkan Pemerintah sebanyak 250 juta liter per bulan selama jangka waktu 6 bulan. Pemerintah juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin, minimal 1 bulan sekali, terkait dengan implementasi kebijakan ini.

Mendag Muhammad Lutfi pun menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tidak membeli minyak goreng subsidi ini secara berlebihan. Artinya sesuai dengan kebutuhan dan tetap memikirkan kebutuhan orang lain.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu panic buying atau membeli secara berlebihan karena pemerintah sudah menjamin bahwa pasokan dan stok minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter pasti dapat mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments