Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeNewsIbu Kota Pindah ke Nusantara, Nasib Jakarta Bagaimana?

Ibu Kota Pindah ke Nusantara, Nasib Jakarta Bagaimana?

Proses pemindahan ibu kota baru dari Jakarta ke Nusantara sudah dimulai. Proses tersebut dimulai dengan memindahkan para ASN ke Kalimantan Timur yang mana bisa memakan waktu cukup lama. Beberapa tahun ke depan DKI Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara.

Dari hal tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sendiri mengatakan masih mengikuti arahan dari pemerintah pusat. Dilansir dari pernyataan Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (18/1/2022) sudah ada pembahasan dari DPR komisi 2 yang mana dibentuklah pansus mengenai IKN yang mana sudah masuk ke tingkat 1.

Saat ini ada rancangan mengenai UU IKN dan pihak kami masih mengikuti apa yang menjadi arahan dan kebijakan mengenai IKN yang sudah dibuat rancangannya. Mengenai nama Nusantara juga Riza sudah mengetahui sehingga ada kebijakan dari pusat bersama DPR yang mana pihaknya masih mengikuti semua arahan.

Riza sendiri juga menambahkan beberapa pembahasan di dalam rapat-rapat yang selama ini sudah dilakukan. Selanjutnya ada ketentuan di dalam Kemendagri yang mana bisa mempersiapkan PP dan juga program ke depannya dari tahun 2023 sampai 2026.

Meskipun ke depannya Jakarta tidak menjadi ibu kota, pihaknya masih meyakini bahwa Jakarta menjadi tempat baik, nyaman dan aman. Jajaran DKI Jakarta juga akan berusaha membuat Jakarta menjadi pusat perekonomian perdagangan di Indonesia dan menjadi salah satu pusat pendidikan dan juga kesehatan disamping ada pengembangan seni budaya dan lainnya.

Sedangkan dari pihak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sendiri sudah mempersiapkan tim pakar untuk dapat mempersiapkan Jakarta menjadi pusat pendidikan, ekonomi dan lainnya. Ada keyakinan dari seluruh jajaran Pemkot DKI Jakarta untuk merubah DKI  menjadi salah satu tempat yang nyaman ditinggali, dan bisa untuk bekerja, bersekolah, dan bermain.

Sekalipun ibu kota pindah ke Nusantara ada kepastian proses transisi pemindahan dari Jakarta bisa berjalan dengan aman dan baik. Semuanya butuh dukungan dan kerja sama untuk mengambil kebijakan bersama pemerintah pusat yang nantinya memberi pemerataan dari berbagai solusi di semua masalah seperti kemacetan dan juga penurunan muka tanah.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments