Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeInternationalDianggap Tak Ampuh Cegah Paparan Omicron, Masker Kain Akan Diganti Nose Sanitizer

Dianggap Tak Ampuh Cegah Paparan Omicron, Masker Kain Akan Diganti Nose Sanitizer

Menjadi salah satu momok bagi semua negara dimana varian Omicron saat ini masih sulit dicegah. Protokol kesehatan dengan memanfaatkan masker sebagai pencegahan ternyata sudah dianggap tidak efektif lagi.

Beberapa ahli dari Pusat Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah mengatakan secara global bahwa Omicron mungkin menjadi pathogen yang paling menular di Bumi saat ini. Dikutip dari ABC News, perluasan dari kasus Omicron di beberapa negara mengalami peningkatan. Kemudian menurut Lawrence Gostin juga berpendapat bahwa Omicron menjadi satu pathogen paling menular saat ini.

Banyak anggapan bagaimana penggunaan double masker saat ini apakah sudah tidak bisa menahan virus dalam menginfeksi manusia? Sudah pasti dari Laurence Gostin sendiri menganggap bahwa masker kain saat ini bisa dipakai dengan pelengkap double masker. Akan tetapi, varian Omicron ini masih cukup cepat menular meskipun sudah memakai masker sehingga hampir sama sekali tidak dapat melindungi manusia dari Omicron.

Jika dinilai pada efektivitasnya, varian Omicron ini masih butuh beberapa penangkal selain masker. Untuk jenis masker kain sendiri hanya memberi efektivitas mencapai 20 sampai 30%. tentu saja dari angka tersebut dianggap kurang maksimal untuk bisa mendapat perlindungan maksimal dari varian Omicron.

Solusi terbaik saat ini harus membuat masyarakat lebih menjaga diri dengan menggunakan tindakan preventif lebih baik. Masyarakat perlu memahami bagaimana infeksi virus Covid 19 bisa masuk dari saluran pernafasan.

Pencegahannya dapat dilakukan dengan mematikan virus sehingga tidak masuk ke dalam paru-paru. Namun pertanyaannya bagaimana cara mematikan virus pada saluran pernapasan saat ini?

Dilansir dari double blind study dilakukan Dr. Chris Miller dan Dr. Gilly Regev, Nose Sanitizer menjadi salah satu solusi karena mengandung nitric oxide dengan peran utama sebagai antiviral dan antimicrobial di bagian orang hidung dan rongga tenggorokan.

Saat ini sudah tersedia Enovid sebagai nose sanitizer sebagai alat kesehatan karena memiliki kandungan nitric oxide yang bisa membunuh virus Covid 19 dalam waktu 2 menit pada satu kondisi lab.

Virus bisa masuk ke dalam saluran pernapasan terutama bagian rongga hidung dan nasofaring, dari sinilah ada momen membunuh virus tersebut sebelum masuk ke bagian paru-paru. Dari study yang sudah diperhitungkan, nose sanitizer ini memiliki peran utama dalam membunuh virus 95% dalam waktu 24 jam.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments