Friday, May 10, 2024
spot_img
HomeNewsNusantara Menjadi Nama Ibu Kota Baru, Ini Penjelasan Dari Bappenas

Nusantara Menjadi Nama Ibu Kota Baru, Ini Penjelasan Dari Bappenas

Pembangunan Ibu Kota baru yang akan menggantikan Jakarta terus digenjot dengan menambahkan beberapa desain. Dari bentuk utama di dalam desain bangunan Ibu Kota baru masih terus dikembangkan hingga sekarang mendapat nama baru yakni Nusantara.

Lokasi Ibu Kota yang berada di Kalimantan Timur sudah diperhitungkan dari segla aspek. Kemudian dari sisi potensi terbaik mendapat pilihan lokasi juga banyak diperhitungkan.

Dilansir dari pernyataan Suharso dalam rapat kerja bersama Pansus IKN, Senin 17/1/2022 menjelaskan bahwa dirinya baru mendapat konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden pada Jumat 14 Januari 2022 dan beliau mengatakan ibu kota negara diberi nama Nusantara.

Suharso juga menambahkan arti dari Nusantara sendiri merupakan konseptualisasi dengan wilayah geografi sebuah negara dengan konstituennya memberi presentasi kemajemukan budaya dan menjadi konsep kesatuan dan mengungkapkan realitas Indonesia.

Nusantara juga diartikan sebagai konseptualisasi terhadap wilayah geografi satu negara yang mana terdiri dari banyak pulau yang kemudian disatukan oleh lautan. Dalam hal ini terlihat beberapa pengakuan dari kemajemukan geografis hingga melandasi seperti apa kemajemukan budaya etnis dan lainnya.

Sehingga Nusantara menjadi konsep kesatuan yang memberi akomodasi kemajemukan serta ibu kota INdonesia menjadi salah satu ungkapan terhadap realitas masyarakat dan geografisnya.

Beberapa faktor memberi informasi bahwa Nusantara dipilih karena sudah dikenal sejak dulu dan menjadi satu ikonik secara internasional. Sedangkan nama Nusantara juga memberi gambaran seperti apa Republik Indonesia sebenarnya.

Dalam beberapa waktu dekat perpinahan ASN dan pegawai PNS akan segera dipindahkan ke ibu kota yang baru. Kemudian dari proses penyelesaiannya juga terus berlangsung hingga memberi potensi terbaik dalam menciptakan satu lingkungan kerja lebih efektif.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments