Tuesday, May 14, 2024
spot_img
HomeNewsBandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara Mulai 1 Januari 2022 Untuk Keperluan Revitalisasi

Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara Mulai 1 Januari 2022 Untuk Keperluan Revitalisasi

Berbagai perhitungan dari proses revitalisasi sebuah bandar pastinya membutuhkan biaya besar dan juga waktu. Tidak jarang proses perbaikan ataupun pembangunan bagian bangunan baru mengganggu penerbangan bahkan ditutup sementara agar prosesnya tidak terhalang.

Begitu juga dari bandara Halim Perdanakusuma yang mana akan ditutup sementara pada 1 Januari 2022 untuk keperluan revitalisasi.

Dilansir dari pernyataan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan Bandar Udara Halim Perdanakusuma akan ditutup 1 Januari mendatang. Penutupan bandara tersebut dilakukan karena akan ada proses revitalisasi.

Mulai tanggal 1 Januari 2022, atas dasar perintah Bapak Presiden, akan ada revitalisasi di Kompleks Halim Perdanakusuma, Cililitan, Jaktim.

Pihak Fadjar sendiri juga menyebutkan bahwa Presiden Jokowi merasakan sendiri bagaimana permukaan dari runway di Halim Perdanakusuma yang mana memang masih dirasakan kurang layak ataupun masuk dalam kondisi memprihatinkan.

Kondisi runway dikatakan sebagai faktor penyebab kenapa Presiden masih ingin melakukan revitalisasi dalam waktu dekat. Sehingga tanggal 1 Januari 2022 menjadi waktu tepat untuk bisa memulai proses revitalisasi bandar secara tepat.

Kondisi sudah tua kemudian kondisi tanah di sekitar Halim yang sedikit labil membuat medan pacu ataupun runway mengalami penurunan kualitas. Pihak Fadjar sendiri juga menyebutkan bahwa runway Bandara Halim Perdanakusuma sendiri masih terus menurun. Kejelasan dari kondisi runway juga sudah dikatakan masuk ke dalam ambang batas aman.

Banyak spekulasi dan faktor penyebab kenapa kondisi runway di Halim Perdanakusuma mengalami penurunan hingga membuat Presiden sendiri memberi perintah untuk segera di revitalisasi.

Hampir 2 tahun penggunaan runway di Halim masih cukup tinggi, sehingga dari tingkat penggunaan cukup tinggi tersebut bisa membuat kondisi dari runway sendiri mengalami penurunan cukup signifikan.

Dengan adanya penutupan operasional Bandara Halim pada 1 Januari 2022 mendatang pastinya tidak ada layanan penerbangan di Halim baik itu kepergian ataupun kedatangan. Hal tersebut memang dijadikan satu momen untuk memperbaiki kualitas bandar dan diharapkan ada beberapa waktu untuk bisa membuatnya menjadi lebih aman lagi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments