Thursday, May 2, 2024
spot_img
HomeAutomotiveDampak Buruk Oli Mesin Mobil Tidak Diganti Dalam Jangka Waktu Lama

Dampak Buruk Oli Mesin Mobil Tidak Diganti Dalam Jangka Waktu Lama

Penggunaan oli mesin untuk mobil pastinya memberi perhitungan tepat yang sementara ini dipastikan memberi performa terbaik jika berhasil memilih satu konsep oli mesin terbaik.

Dari sinilah Anda bisa melihat bagaimana ciri dari satu oli mobil palsu yang mana warnanya terlihat lebih gelap dan memiliki bau sedikit tengik.

Memang dari perhitungan jenis oli mobil saat ini di pasaran masih dibanderol dengan harga tertentu. Dari sinilah Anda bisa melihat secara langsung bagaimana dampak buruk jika tidak mengganti oli mobil dalam jangka waktu lama.

Kondisi Mesin Menjadi Kurang Bertenaga

Banyak kondisi mesin mobil menjadi kurang maksimal ketika oli mesin tidak mendapat pergantian sesuai jadwalnya. Sudah terbukti bahwa kondisi dan kinerja mesin menjadi kurang bertenaga, sehingga dari pemilihan jenis oli akan berubah menjadi lebih encer dan berwarna hitam pekat karena tercampur oleh kotoran.

Jika kondisi tidak segera diganti, maka mesin bakal mengalami satu kondisi yang kurang menguntungkan. Hingga bagian piston dan silinder akan bekerja lebih keras dibandingkan pada kondisi standar. Akan ada goresan, karat, hingga terjadi kebakaran jika pergantian oli tidak rutin dilakukan.

Kondisi Bahan Bakar Akan Semakin Boros

Konsumsi bahan bakar pada mesin mobil yang tidak mendapat pergantian oli mesin dalam jangka waktu lama akan mengalami penurunan. Alhasil dari konsumsi bahan bakar juga cepat habis dan nantinya kondisi mesin tidak berjalan maksimal.

Kondisi Mesin Cepat Panas

Sudah pasti saat terjadi pergantian oli yang tidak sesuai jadwal akan memberi efek pada kondisi mesin yang cepat panas.

Dari kondisi mesin cepat panas tersebut akan membuat kerusakan mesin semakin parah. Ada baiknya Anda membuat jadwal pergantian oli mobil yang benar-benar diperhitungkan sebagai satu faktor utama dalam menjaga kondisi mesin tetap maksimal.

Suara Mesin Menjadi Kasar

Dari berbagai jenis mobil sudah mendapat perhitungan dari jangka waktu penggantian oli mesin. Jika tidak dilakukan bahkan dalam jangka waktu lama, pastinya ada kondisi suara mesin yang menjadi kasar. Dari sini, dibutuhkan perawatan lebih banyak dan tentu saja harga untuk biaya servis semakin membengkak.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments