Saturday, December 10, 2022
spot_img
HomeASEANKeketuaan Kamboja Di ASEAN 2022: Komitmen Bawa Myanmar Kembali Ke ASEAN

Keketuaan Kamboja Di ASEAN 2022: Komitmen Bawa Myanmar Kembali Ke ASEAN

Ahli hukum dan Sekretaris Negara Kementerian Kehakiman negara Kamboja H.E. Chin Malin membenarkan bahwa tidak ada salahnya Kamboja berperan sebagai ketua ASEAN yang berusaha membawa kembali Myanmar.

H.E. Chin Malin membuat pembenaran dalam wawancara baru-baru ini dengan Agency Kampuchea Presse (AKP), menekankan bahwa Piagam ASEAN dan tujuan memperjelas bahwa ASEAN harus memiliki 10 negara, jadi hal yang benar untuk dilakukan bagi Kamboja untuk menyatukan ASEAN.

Komentar itu diilhami oleh pertanyaan yang diajukan belakangan ini oleh Perdana Menteri Kamboja Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Hun Sen apakah itu kesalahan Kamboja karena mencoba menyatukan 10 negara ASEAN, sebuah badan lengkap yang diabadikan oleh piagam blok tersebut.

Perdana Menteri negara Kamboja Samdech melontarkan pertanyaan itu sebagai tanggapan atas beberapa analisis menyesatkan tentang upaya Kamboja untuk berdiskusi dengan Myanmar untuk membawa negara itu kembali ke ASEAN.

Menurut H.E. Chin Malin, jika ASEAN tidak memiliki semua 10 anggota, tidak mungkin bagi badan itu untuk mengambil keputusan, karena piagamnya membutuhkan konsensus di antara semua anggota untuk mengambil keputusan.

Untuk beberapa alasan politik, Myanmar telah menjauhkan diri dari ASEAN, sehingga penting bagi Kamboja sebagai ketua ASEAN pada tahun 2022 untuk membawa negara itu kembali berperan aktif di blok tersebut.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments