Thursday, May 16, 2024
spot_img
HomeNewsDanis Sumadilaga Resmi Menjadi Satgas Ibu Kota Baru Dapat Mandat Dari Menteri...

Danis Sumadilaga Resmi Menjadi Satgas Ibu Kota Baru Dapat Mandat Dari Menteri PUPR

Kabar terbaru dimana Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono telah memberi mandat ke Danis Sumadilaga untuk mengemban tugas sebagai Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru Negara ataupun disebut sebagai Satgas IKN.

Sepak terjang dari Danis Sumadilaga sendiri pernah menjadi Direktur Jenderal Cipta Karya pada periode 2018 sampai 2020. Kemudian dari reputasi pendidikan, Danis sendiri lulusan dari Institut Teknologi Bandung.

Dilansir dari pernyataan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyebutkan pembentukan Satgas IKN ini memiliki susunan keanggotaan sebagaimana sudah dicantumkan pada lampiran I yang menjadi salah satu bagian tidak terpisahkan dengan keputusan menteri tersebut.

Melihat dari aturannya, Satgas IKN ini sudah dibentuk dari beberapa susunan diantaranya penanggung jawab, tim pengarah, kemudian ada satgas perencanaan pembangunan infrastruktur IKN, kemudian ada tim sekretariat, hingga satgas pelaksanaan pembangunan infrastruktur IKN dengan semua fungsinya.

Sedangkan dari fungsi Ketua Satgas IKN ini memiliki tugas untuk bisa melaksanakan arah dari penanggung jawab, kemudian melaksanakan arahan teknis dari tim pengarah, menyusun, hingga mengitegrasikan rencana kerja, program, sampai anggaran, hingga dalam satu kegiatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur ibu kota negara IKN.

Tidak hanya itu saja karena ada tugas lain harus diemban dari ketua Satgas IKN yang mana bisa melakukan koordinasi, sinkronisasi, kemudian integrasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur ibu kota negara dengan kementerian/lembaga/ pemerintah/ provinsi/ kabupaten/kota terkait. Sehingga ada tambahan lain yang mesti diperhatikan sebagai Satgas IKN diantaranya melakukan evaluasi, hingga mengontrol kajian pelaksanaan pembangunan secara tepat.

Dari pihak Menteri PUPR sendiri berharap Danis juga harus bisa memantau semua implementasi hingga indikator kinerja pembangunan di daerah perkotaan hingga bisa melakukan pelaksanaan pembangunan infrastruktur IKN. Sampai akhirnya ada pengendalian lebih baik di dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur ibu kota negara masing-masing bidang.

Pengendalian dari aspek penyampaian dan susunan laporan kemajuan hingga hasil pelaksanaan kegiatan juga selama ini perlu dipertimbangkan kembali.

Dari sini Anda bisa melihat secara langsung bagaimana Ketua Satgas IKN sendiri telah memberi hasil tepat untuk membawahi delapan bidang secara total, mulai pelaksanaan transportasi, pelaksanaan infrastruktur dasar pemukiman, pelaksanaan penataan kawasan, pelaksanaan sumber daya air, jasa konstruksi, pembiayaan infrastruktur, bangunan dan gedung, hingga pelaksanaan perumahan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments