Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeNewsPemerintah Arab Saudi Mulai Bahas Pemberangkatan Jamaah Umrah Dari Indonesia

Pemerintah Arab Saudi Mulai Bahas Pemberangkatan Jamaah Umrah Dari Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menggelar konferensi pers terkait hasil pertemuannya dengan Asosiasi Haji terkait izin pemberangkatan umrah ke Arab Saudi.

“Di dalam pertemuan hari ini ada beberapa hal yang diangkat oleh forum 1 terkait kerinduan masyarakat untuk kembali berkunjung ke Mekkah salah kegiatan umrah, yang tiap tahun rata-rata 1 juta orang. Ini hampir 2 tahun tidak ada kegiatan umrah,” ujarnya Menko Airlangga dalam sesi teleconference, Selasa (16/11).

Menko Perekonomian menyampaikan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah menyampaikan nota diplomatik kepada Pemerintah Indonesia, yang artinya pembahasan pemberangkatan umrah sudah bisa dilakukan.

“Terutama untuk mengembalikan jamaah umrah Indonesia ke Arab Saudi dengan persyaratan-persyaratan yang mereka tentukan,” imbuh dia.

Pada tahap awal, Airlangga menyampaikan, Arab Saudi baru mengakui vaksin yang mereka pakai yakni Astra Zeneca, Pfizer, Johnson & Johnson.

Arab Saudi pun baru menambah pengakuan untuk vaksin Sinovac dan Sinopharm dengan tambahan booster.

Sementara Indonesia saat ini belum memberikan perizinan untuk booster ketiga kecuali tenaga kesehatan.

Ini karena pemerintah masih punya target vaksinasi nasional, di akhir Desember 2021 sebesar 70 persen untuk dosis pertama dan 40 persen dosis kedua.

Sehingga booster baru dipersiapkan programnya pada Januari 2022 nanti.

“Oleh karena itu, untuk menyikapi hal tersebut, ada usulan dimana pemerintah dalam hal ini Menteri Agama Indonesia (Menag) melakukan diplomasi dengan mitranya di Arab Saudi. Dan berdasarkan info dari Menteri Agama, akan segera mengirim tim di Minggu ini,” kata Airlangga.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments