Monday, May 6, 2024
spot_img
HomeTechnologySegera Ganti Tv Analogmu, Kominfo Tegaskan Suntik Mati TV Analog Sesuai Waktunya

Segera Ganti Tv Analogmu, Kominfo Tegaskan Suntik Mati TV Analog Sesuai Waktunya

Kabar mengenai transformasi TV analog ke Tv digital semakin santer terdengar. Bahkan Kominfo sendiri telah mencanangkan siaran TV Digital pada tahun lalu sehingga akan menggantikan TV analog yang selama ini banyak dimanfaatkan masyarakat.

Banyak prediksi bahwa proses pergantian tersebut masih terkendala waktu dan juga fasilitas di masyarakat. Hanya saja Pemerintah sudah menjanjikan Analog Switch Off akan diberikan secara bertahap dan sesuai jadwal.

Dilansir dari pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi informasi bahwa proses migrasi TV analog ke digital dipastikan dihentikan sesuai jadwal yakni pada 2 November 2022.

Dari pihak Jubir Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, memberi informasi bahwa Kementerian Kominfo terus mempersiapkan proses Analog Switch Off bisa dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan pada PM Kominfo No 6 tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Penyiaran dan Perubahannya.

Karena itu, kabar mengenai perpindahan saluran TV analog ke digital sepertinya masih perlu pengkajian kembali. Bahkan pada awalnya rencana penghentian TV analog dilakukan pada 17 Agustus 2021. Hanya saja dari kebijakan tersebut masih kurang sosialisasi ke masyarakat di saat kondisi pandemi Covid 19, sehingga pemerintah masih harus menunda proses migrasi penyiaran tersebut.

Proses migrasi TV analog ke digital perlu beberapa tahapan. Implementasinya masih mengacu pada Permen Kominfo No 6 Tahun 2021. sedangkan proses penghentian siaran TV analog dilakukan melalui tiga tahapan.

Pada tahap 1 akan dilakukan suntik mati TV analog dimulai pada 30 April 2022. kemudian dilangsungkan tahapan kedua pada 31 Agustus 2022, dan tahapan terakhir dilakukan pada 2 November 2022.

Penataan penyiaran di Indonesia masih mengacu pada ASO sehingga peraturan yang harus ditepati oleh Kominfo sendiri harus bisa diaplikasikan. Kebijakan mengenai tata kelola penyiaran di Indonesia mulai berkembang dengan migrasi secara bertahap

Keunggulan dari TV digital ini memperlihatkan gambar lebih berkualitas dan dari gambarnya sendiri terlihat lebih jernih. Hingga akhirnya pada tahun depan diharapkan masyarakat di seluruh Indonesia sudah bisa menikmati siaran TV digital.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments