Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeNewsMedco Dan Salim Group Bangun PLTS Di Pulau Bulan Untuk Pasok Listrik...

Medco Dan Salim Group Bangun PLTS Di Pulau Bulan Untuk Pasok Listrik Singapura

Gallant Venture Ltd yang merupakan bagian dari Salim Group bekerjasama dengan Medco Power dan Konsorsium PacificLight Power Pte Ltd (PLP) untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Bulan, provinsi Kepulauan Riau.

Pilot Project ekspor listrik dari Indonesia ke Singapura ini telah menerima izin prinsip dari Energy Market Authority (EMA) Singapura.

Proyek ini memiliki kapasitas 670 MWp sebagai tahap awal, yang akan menyediakan listrik yang setara dengan 100 MW nonintermittentke Singapura.

Hal ini sejalan dengan rencana Pemerintah Singapura dalam melaksanakan program Singapore Green Plan 2030 untuk meningkatkan porsi energi terbarukan.

CEO Medco Power, Eka Satria mengatakan, sebagai salah satu Produsen Listrik Independen (IPP) terbesar di Indonesia dengan komitmen pada Energi Bersih dan Terbarukan (EBT), pihaknya mempunyai pengalaman dalam mengembangkan proyek pembangkit EBT, seperti PLTP Sarulla, PLTP Ijen, dan PLTS Sumbawa untuk mendukung operasi tambang yang dimiliki Perseroan.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan PLP dan Salim Group dalam mengembangkan Proyek PLTS Pulau Bulan. Untuk Indonesia, proyek ini akan membawa banyak manfaat, antara lain meningkatkan investasi di bidang EBT, kesempatan peningkatan lapangan kerja dan industri terkait,” ujar Eka dalam keterangan tertulis, Senin (25/10).

Adapun konsorsium telah menandatangani Joint Development Agreement saat acara Singapore International Energy Week pada 25 Oktober 2021 yang dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Arifin Tasrif, Menteri Tenaga Kerja/Menteri Kedua Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Tan See Leng, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, dan Chief Executive Energy Market Authority (EMA) Singapura, Richard Lim Cherng Yih.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments