Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomeTechnologySebab Apple Klaim iOS Lebih Aman Dibandingkan Android

Sebab Apple Klaim iOS Lebih Aman Dibandingkan Android

Melalui laporan berjudul ‘Building a Trusted Ecosystem for Millions of Apps’, Apple menanggapi gagasan Komisi Eropa tentang Digital Markets Act sekaligus menyoroti keamanan sistem operasi Android secara tidak langsung.

Menurut berbagai sumber, Komisi Eropa ingin semua perusahaan teknologi mengizinkan aktivitas sideloading di perangkatnya, termasuk iPhone.

Sebagai informasi tambahan, sideloading adalah praktik yang membuat pengguna dapat memasang aplikasi dari pihak ketiga.

Karena itu, Apple membahas tentang ancaman keamanan dari aktivitas sideloading dalam laporan yang dirilis. Dengan menjelaskan bahwa sistem perlindungan privasi dan keamanan pada iPhone akan lumpuh jika mengizinkan aktivitas tersebut.

Dengan begitu, pihak Apple menegaskan potensi ancaman terhadap privasi dan keamanan pengguna jika ada platform yang mengizinkan aktivitas sideloading. Bahkan hal itu dapat menjadi celah untuk masuknya malware seluler.

Dalam laporan yang sama, perusahaan besutan mendiang Steve Jobs itu bahkan berani menyebut Android memiliki risiko terjangkit malware hingga 47 kali lipat dibandingkan iPhone.

‘Building a Trusted Ecosystem for Millions of Apps’ juga mengungkapkan bahwa terdapat 6 juta serangan malware pada perangkat Android setiap bulannya.

Tak hanya itu, Apple menegaskan bahwa malware akan mengakibatkan kerugian besar bagi konsumen, perusahaan, pengembangan dan pengiklan. Dan dengan demikian, Apple menolak tegas aktivitas sideloading.

Update iOS 15.0.2 dan iPadOS 15.0.2 yang baru dirilis Apple memperbaiki banyak bug

Beberapa waktu lalu, Apple merilis update iOS 15.0.2 dan iPadOS 15.0.2. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu mengklaim bahwa update terbaru dapat memperbaiki masalah hilangnya gambar yang disimpan ke Photo Library dari Messages setelah dihapusnya pesan terkait.

Kemudian, iOS 15.2 memperbaiki bug pada iPhone Leather Wallet dengan MagSafe serta AirTags yang tidak muncul di tab Find My Items.

Sementara itu, update iPadOS 15.0.2 dapat memperbaiki bug pada Messages dan AirTag.

Dengan segala update yang dirilis, Apple mengklaim bahwa iOS dan iPadOS versi 15.0.2 dapat mengatasi masalah keamanan pada perangkat dengan lebih baik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments