Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeTechnologyMenyelisik Penggunaan Internet dan Media Sosial Per Hari di Indonesia

Menyelisik Penggunaan Internet dan Media Sosial Per Hari di Indonesia

Berdasarkan laporan dari We Are Social (sebuah perusahaan media asal Inggris) dan Hootsuite yang dirilis pada 11 Februari 2021, pandemi Covid-19 membuat banyak orang mengandalkan internet dan menghabiskan banyak waktu di dunia maya.

Laporan berjudul “Digital 2021: The Latest Insights Inti The State of Digital” itu berisi hasil riset terkait penggunaan media sosial di beberapa negara termasuk Indonesia. Dan hasilnya, masyarakat Indonesia menghabiskan waktu di media sosial dengan rata-rata tiga jam 14 menit per hari.

Yang cukup mencengangkan yaitu ada sekitar 170 juta pengguna aktif media sosial dari total populasi sebesar 274,9 juta jiwa. Dengan demikian, maka pengguna media sosial di Indonesia mencapai 61,8% dari total jumlah populasi per Januari 2021.

Angka yang dilaporkan juga menunjukkan peningkatan sekitar 10 juta pengguna media sosial di Indonesia atau 6,3% dari tahun 2020.

Hal tersebut dirasa wajar karena menurut berbagai sumber, Indonesia masuk 10 besar negara yang kecanduan media sosial.

Masih menurut laporan yang sama, ada sekitar 202,6 juta dengan penetrasi 73,7% pengguna internet di Indonesia per Januari 2021, dimana penggunaan smartphone untuk mengakses internet mencapai angka 96,4%.

Dari laporan We Are Social, terungkap bahwa masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata 8 jam 52 menit per hari untuk mengakses internet.

Kemudian WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter dan YouTube menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan digunakan di Indonesia.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu juga masuk tiga besar aplikasi paling populer bagi pengguna smartphone Android di Indonesia. Dimana dua aplikasi lainnya adalah WhatsApp dan Instagram.

Berdasarkan hasil riset, masyarakat Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 30,8 jam per bulan untuk menggunakan WhatsApp, sementara Instagram 17 jam per bulan.

Untuk kategori layanan video streaming, YouTube adalah yang paling populer di Indonesia dengan rata-rata penggunaan 25,9 jam per bulan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments