Monday, April 29, 2024
spot_img
HomeSportAlasan Bendera Indonesia Tak Bisa Berkibar Di Podium Thomas Cup 2020 -...

Alasan Bendera Indonesia Tak Bisa Berkibar Di Podium Thomas Cup 2020 – Ceres Arena

Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang, namun bendera Merah Putih tak bisa berkibar saat Indonesia merayakan juara di podium Thomas Cup 2020.

Indonesia menjadi juara Thomas Cup 2020 dan meraih medali emas usai mengalahkan China 3-0 di partai final yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Minggu malam waktu Indonesia (17/10).

Namun, perayaan juara Thomas Cup 2020 di Ceres Arena terasa sangat berbeda lantaran kontingen Indonesia tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih yang terpaksa harus diganti dengan bendera logo Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Indonesia dilarang menggunakan bendera Merah Putih terkait hukuman dari World Anti-Doping Agency (WADA) akibat sikap tak patuh Pemerintah Indonesia dalam program uji tes doping.

Sanksi WADA kepada Indonesia akibat tidak bisa memberikan laporan tes doping selama periode tahun 2020/2021.

Pelarangan pengibaran bendera negara merupakan salah satu sanksi karena mengabaikan program dari WADA tersebut.

Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah Putih, kecuali dalam ajang Olimpiade, dalam turnamen internasional. Hukuman dari WADA efektif per 7 Oktober 2021.

Selain pengibaran bendera, Indonesia juga tidak bakal dianugehrahkan status tuan rumah kejuaraan level regional, kontinental, dan dunia selama masa penangguhan.

Selain itu, perwakilan Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) juga dilarang duduk sebagai anggota dewan di komite sampai status sanksi dipulihkan, atau minimal menjalani masa penangguhan selama satu tahun.

Kendati demikian lagu kebangsaan Indonesia Raya tetap boleh diperdengarkan dalam perayaan Indonesia di Thomas Cup 2020 (Thomas Cup 2021).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments