Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeSportTerima Kasih PON XX Papua 2021, Selamat Datang PON XXI Aceh-Sumut 2024

Terima Kasih PON XX Papua 2021, Selamat Datang PON XXI Aceh-Sumut 2024

Penyelenggaraan PON XX Papua 2021 telah resmi berakhir, Papua pun menyerahkan bendera PON kepada provinsi Aceh dan Sumatera Utara yang akan menjadi tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Sekretaris Daerah Taqwallah yang mewakili Gubernur Aceh Nova Iriansyah menerima pataka Pekan Olahraga Nasional (PON) pada closing ceremony PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Papua pada Jumat (15/10/2021).

Penerimaan pataka itu dilakukan Sekda Aceh Taqwallah bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi. Taqwallah bersama Edy Rahmayadi pun langsung melakukan pengibaran pataka PON sebagai bentuk kesiapan Aceh dan Sumut menjadi tuan rumah PON 2024.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyerahkan bendera PON kepada Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman. Kemudian, bendera PON diserahkan kepada Gubernur Aceh dan Gubernur Sumut sebagai simbol serah terima tuan rumah PON selanjutnya.

Setelah penyelenggaraan 14 hari, PON 2021 Papua akhirnya ditutup pada Jum’at (15 Oktober 2021) oleh Wakil Presiden Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin, setelah dibuka Presiden Indonesia Joko Widodo pada 2 Oktober 2021.

Sekda Aceh usai menerima pataka PON mengatakan, perhelatan PON bersama Aceh dan Sumut adalah pekerjaan besar Pemerintah Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga, KONI, dan seluruh stakeholder baik yang berada di Aceh maupun di Sumut.

“Maka dari itu, PON bersama Aceh-Sumut menjadi penting bagi Aceh, dan menjadi pekerjaan seluruh stakeholder di kedua daerah,” sebut Sekda Taqwallah.

Taqwallah juga mengatakan, perhelatan PON di Aceh nantinya akan dapat meningkatkan perekonomian dan pembangunan infrastruktur, terutama pembangunan venue olahraga.

“Dengan begitu, pagelaran PON nantinya tidak akan ada kendala apapun,” kata Taqwallah.

Taqwallah berharap, PON Aceh-Sumut dapat berjalan sesuai dengan harapan semua pihak. Sekda juga sesuai arahan Gubernur Aceh akan memantau semua keperluan PON 2024 nanti.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora), Dedy Yuswadi, AP mengatakan, “PON Papua 2024 menjadi semangat bagi keberlangsungan olahraga di Aceh. PON bersama Aceh-Sumut menjadi ajang asah prestasi para atlet tanah rencong untuk melihat sejauh mana kegigihan putra putri Aceh saat bertanding membawa nama besar daerahnya.”

Sebagai informasi, bila perolehan akhir medali bagi Aceh berada di posisi ke 12 dengan perolehan total sebanyak 29 medali, antara lain 11 medali emas, 7 medali perak, dan 11 medali perunggu. Sementara Sumatra Utara berada di peringkat ke-13 dibawah Aceh dengan meraih 55 medali, antara lain 10 medali emas, 22 medali perak, dan 23 medali perunggu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments