Friday, April 19, 2024
spot_img
HomeSportInilah Resep Jawa Barat Raih Juara Umum PON XX Papua 2021

Inilah Resep Jawa Barat Raih Juara Umum PON XX Papua 2021

Provinsi Jawa Barat (Jabar) resmi menjadi juara umum di klasemen perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Jabar telah sukses mengumpulkan 133 medali emas, 105 medali perak, 115 medali perunggu, sehingga berhasil membawa pulang total 353 keping medali.

Raihan tersebut telah menyamai pencapaian mereka di PON XIX Jawa Barat tahun 2016 silam. Di mana ketika berada di rumah sendiri mereka juga merebut gelar juara umum.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan pencapaian Jawa Barat sebagai juara umum PON XX di Papua tak terlepas dari kedisiplinan latihan dan pembinaan yang konsisten.

Ia membeberkan, selain dua faktor tersebut, Jawa Barat juga mulai bereksperimen menerapkan sport science.

“Saya hadir untuk menyampaikan hari kemenangan Jawa Barat sebagai juara umum lagi di PON XX. Sehingga perolehan medali yang sudah diperoleh telah melebihi semua kontingen dan menjadikan kami sebagai juara umum. Tentu rasa terima kasih dari masyarakat Jawa Barat kepada atlet-atlet kami yang sudah berjuang,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini bahkan optimis dengan pembinaan yang dilakukan oleh Jawa Barat bisa menghasilkan lagi juara umum di PON-PON berikutnya.

“Resep Jawa Barat sebagai juara umum hanya satu, yaitu pembinaan yang konsisten dan kita cari atlet itu seperti pohon dan cari bibit-bibit yang unggul juga melalui kompetisi, dan setelah terpilih ada Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) juga yang nantinya akan menjadi wadah pembinaan dan kita sudah bereksperimen juga dengan sport science. Hal-hal itu yang menjadi cara kami dan itu lah yang kami lakukan. Jawa Barat optimis di PON berikutnya bisa lagi juara umum,” ungkap Kang Emil.

Jawa Barat unggul sebagai peringkat pertama atas Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga. DKI Jakarta mengumpulkan 111 medali emas, 91 medali perak dan 99 medali perunggu. Disusul Jawa Timur yang juga mengoleksi 110 medali emas, 89 medali perak dan 88 medali perunggu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments