Friday, April 26, 2024
spot_img
HomeASEANJunta Militer Myanmar Tolak Permintaan ASEAN Bertemu Aung San Suu Kyi

Junta Militer Myanmar Tolak Permintaan ASEAN Bertemu Aung San Suu Kyi

Rezim militer Myanmar telah menolak permintaan pertemuan akhir bulan Oktober 2021 antara pemimpin terguling negara Myanmar Daw Aung San Suu Kyi dengan utusan khusus Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) untuk Myanmar.

Alih-alih bertemu dengan Penasihat Negara yang ditahan, utusan ASEAN Erywan Yusof telah ditawari pertemuan dengan mantan Wakil Presiden Henry Van Thio dan mantan Ketua Majelis Rendah T Khun Myat.

Utusan ASEAN telah melakukan pembicaraan dengan rezim tersebut sejak bulan lalu mengenai persyaratan kunjungan ke Myanmar. Puncak dari daftarnya adalah permintaan untuk berbicara dengan Daw Aung San Suu Kyi. Militer Myanmar merebut kekuasaan dari pemerintah National League for Democracy (NLD) yang dipimpin Suu Kyi dalam kudeta 1 Februari 2021.

Erywan Yusof, Menteri Luar Negeri Kedua Brunei, terpilih sebagai utusan khusus ASEAN untuk Myanmar pada Agustus 2021 setelah perdebatan panjang. Dia telah menyerukan akses penuh ke semua pihak ketika dia mengunjungi negara itu, tetapi upayanya untuk membuka dialog antara rezim militer dan pemerintah yang digulingkan sejauh ini gagal.

“Ada kebutuhan mendesak untuk pergi sekarang ke Myanmar. Tapi saya pikir sebelum semua itu, saya perlu memiliki jaminan,” kata utusan itu kepada Reuters bulan lalu.

Utusan itu menambahkan bahwa dia telah meminta Dewan Administrasi Negara – badan penguasa junta – untuk akses ke Daw Aung San Suu Kyi.

Pada bulan September 2021, juru bicara rezim Mayor Jenderal Zaw Min Tun mengatakan kepada AFP, “Kami akan mengizinkan pertemuan dengan organisasi resmi.”

Erywan Yusof berencana mengunjungi Myanmar bulan Oktober 2021, menjelang KTT ASEAN akhir bulan ini. Namun rezim dilaporkan mengatakan kepadanya bahwa dia hanya akan diizinkan untuk bertemu Henry Van Thio dan T Khun Myat.

Baik Henry Van Thio, mantan perwira tentara etnis Chin, dan T Khun Myat, seorang etnis Kachin, berada di bawah tahanan rumah, meskipun tidak ada dakwaan yang diajukan terhadap orang-orang tersebut. T Khun Myat sebelumnya menjabat sebagai anggota eksekutif Partai Solidaritas dan Pembangunan Union yang didukung militer.

Dengan sebagian besar pimpinan NLD ditahan, diperkirakan mereka tidak akan mendukung pertemuan utusan ASEAN Henry Van Thio dan T Khun Myat.

Daw Aung San Suu Kyi, 76, ditahan oleh junta di lokasi yang tidak diketahui di ibu kota Myanmar, Naypyitaw. Dia menghadapi sejumlah tuduhan termasuk melanggar peraturan COVID-19, hasutan, kepemilikan walkie-talkie secara ilegal, dan sejumlah kasus korupsi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments