Friday, April 19, 2024
spot_img
HomeNewsJembatan Sei Alalak Segera Dibuka Bagi Warga Kalsel

Jembatan Sei Alalak Segera Dibuka Bagi Warga Kalsel

Warga Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta agar Jembatan Sei Alalak segera dibuka. Jembatan yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala menuju Provinsi Kalimantan Tengah.

Kawasan ini terkenal kemacetannya terutama setelah Jalan Lingkar Utara yang kondisinya rusak parah pasca diterjang banjir.

Desakan warga Kalsel ini mendapat perhatian Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Mengetahui pentingnya pembukaan jembatan ini untuk masyarakat, Presiden meminta agar jembatan ini segera dibuka.

“Bapak Presiden meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ucap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Minggu (26/9).

Heru mengatakan bahwa pembukaan jembatan tersebut dapat dilakukan dengan uji coba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian.

“Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang,” ucap Heru.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan kesiapan pihaknya untuk melaksanakan arahan Presiden tersebut.

“Kami telah melakukan pengecekan akhir kondisi jembatan tersebut dan siap dibuka sesuai arahan Presiden,” ucap Basuki Minggu di Jakarta (26/9).

Menteri PUPR menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalsel dan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Polda Kalimantan Selatan terkait koordinasi untuk uji coba operasional terbatas ini. Dan juga untuk melakukan pengawalan dan pengamanan,” ujarnya.

Basuki meminta agar masyarakat mentaati aturan lalu lintas. Selain itu, ia juga meminta agar kendaraan roda dua dan mobil penumpang tidak parkir atau berhenti di atas jembatan. Mohon untuk kepentingan bersama kita tertib dan mentaati aturan lalu lintas.

Jembatan Sei Alalak telah selesai seluruh proses pembangunannya pada Jumat (24/9). Jembatan ini dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan juga akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments