Thursday, April 25, 2024
spot_img
HomeSportPertandingan Perdana Softball Putra Menjadi Penanda Dimulainya PON XX Papua

Pertandingan Perdana Softball Putra Menjadi Penanda Dimulainya PON XX Papua

Gelaran ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua perdana dari cabang olahraga (cabor) Softball Putra berjalan dengan lancar pada Rabu (22/9).

Pertandingan tersebut, digelar mulai pagi hingga sore yang diikuti oleh enam kontingen dari berbagai provinsi di tanah air. Laga tersebut, bertempat di lingkungan Universitas Cendrawasih (Uncen).

“Sebagai pertanda bahwa dimulainya PON XX Papua pertandingan pertama dari cabor Softball Putra yang digelar dari pagi hingga sore berjalan dengan sangat baik,” ujar Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX Papua Mayjen TNI (Purn) Suwarno dalam diskusi FMB9 bertajuk “Selamat Bertanding, Junjung Sportivitas” pada Kamis (23/9).

Menurut Suwarno, secara keseluruhan pertandingan pertama ajang perhelatan olahraga tingkat nasional itu berjalan lancar sesuai dengan harapan. Seluruh pihak yang terlibat pada pertandingan menjalankan tugasnya masing-masing dalam menyelenggarakan pertandingan di atas.

Dari mulai unsur wasit, juri dan panitia penyelenggaraan yang merupakan putra-putri Papua dapat sukses menyelenggarakan pertandingan di atas. Semuanya bersinergi untuk membuat laga pertandingan pertama yang digelar tersebut berjalan optimal.

“Sebagai representasi dari induk cabang olahraga wasit, juri, dan panitia pertandingannya yang melibatkan putra-putra Papua, saya kira sudah biasa menyelenggarakan pertandingan tersebut,” tuturnya.

Dirinya optimis, penyelenggaraan laga pertandingan pada ajang PON XX Papua selama kurang lebih satu bulan ke depan dapat berjalan lancar. Mengingat, kondisi yang penyelenggara pertandingan yang telah mampu membuat kompetisi olahraga nasional dapat berjalan.

“Saya optimis untuk semua yang tadi berkaitan dengan penyelenggaraan PON XX Papua dan sebagainya itu akan bisa lancar pada waktunya,” imbuhnya.

Di lain sisi, ajang PON XX Papua juga akan mampu menghasilkan atlet-atlet muda berbakat potensial untuk ajang-ajang olahraga internasional. Seperti SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade. Karena banyak bibit unggul yang dapat dibina untuk mengikuti ajang-ajang itu.

Oleh karena itu, pihaknya menekankan bahwa setiap atlet yang berlaga dapat menjunjung tinggi sportivitas dalam setiap laga pertandingan. Ini penting, sebab nilai itu akan membuka tabir bakat seorang atlet dalam suatu pertandingan.

Dengan menerapkan nilai di atas dalam setiap pertandingan PON XX Papua, maka dapat dipastikan prestasi yang diperoleh oleh atlet benar-benar dari kemampuannya. Sehingga, kualitas atlet yang akan dibina oleh instansi terkait dapat membuat tanah air bangga di masa mendatang.

Dia berharap, ajang PON XX Papua dapat memberikan dampak positif kepada bangsa setiap individu dari mulai Sabang hingga Merauke. Karena dapat mendorong pembinaan atlet-atlet nasional menjadi lebih baik di masa mendatang.

Kemudian, dari ajang PON XX Papua ini dapat merekatkan nilai persatuan dan kesatuan Indonesia. Dengan berkumpulnya masyarakat dari berbagai lapisan dengan latar suku, budaya, agama, dan ras yang berbeda bisa membangkitkan rasa cinta tanah air.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments