Saturday, May 4, 2024
spot_img
HomeASEANPrime Minister Lee Hsien Loong Berikan Pidato Berharga Di National Day Rally...

Prime Minister Lee Hsien Loong Berikan Pidato Berharga Di National Day Rally Bagi Warga Singapura

Prime minister Singapura, Lee Hsien Loong memberikan pidato politik memperingati Hari Nasional Singapura yang berlangsung hampir dua jam pada Minggu (29/8) di National Day Rally.

PM Lee menyampaikan adanya permasalahan yang berkaitan dengan ras, agama, upah bagi pekerja, serta kecemasan pekerja asing pemegang izin kerja.

Permasalahan ini lebih mendesak dari Covid-19, kata Lee dalam pidatonya yang disiarkan secara nasional pada jaringan nasional Mediacorp.

National Day Rally pada tahun 2020 dibatalkan akibat pandemi Covid-19 dan baru diadakan pada tahun 2021 ini.

Pidato PM Lee disampaikan dalam bahasa Melayu, Mandarin, dan juga Inggris.

  1. Diperlukan hukum yang mengatur kerukunan antar ras dalam bekerja atau berkarya

Pemerintah Singapura berencana untuk mengesahkan undang-undang tentang kerukunan rasial.

  1. Perawat muslim diijinkan memakai jilbab

Mulai 1 November 2021, Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) akan merevisi kebijakan dalam hal seragam di sektor layanan kesehatan publik untuk mengijinkan anggota staf perempuan muslim, termasuk perawat mengenakan jilbab, jika mereka ingin memakainya.

Perubahan ini akan berlaku untuk lebih dari 7.000 perempuan berseragam muslim yang betugas di layanan kesehatan masyarakat.

  1. Mayoritas Tionghoa harus lebih memahami keprihatinan minoritas

Dalam pidatonya, PM Lee menyampaikan bahwa warga Tionghoa Singapura harus mencoba untuk lebih memahami kekhawatiran dan kesulitan yang dihadapi oleh etnis minoritas. Warga Singapura harus memiliki keberanian moral untuk menentang perilaku rasis.

  1. Meningkatnya pangsa rumah tangga Melayu di flat sewaan diantara tren yang mengkhawatirkan

Penggambaran tren yang mengkhawatirkan yakni peningkatan proporsi rumah tangga Melayu di rumah susun sewaan. Jumlah rumah tangga Melayu di rumah susun sewa satu kamar dan dua kamar naik dari sekitar 9.100 pada tahun 2010 menjadi sekitar 18.600 di tahun 2020.

  1. Menerapkan pedoman ketenagakerjaan yang adil dalam hukum

Perusahaan yang mempekerjakan pekerja asing harus membayar gaji bulanan minimal S$1.400 kepada semua karyawan Singapura.

Pemerintah Singapura akan memperketat penegakan pedoman tentang praktik ketenagakerjaan yang adil dengan memasukkannya ke dalam undang-undang. Langkah ini akan memperluas jangkauan tindakan yang dapat diambil pihak berwenang dalam mengatasi diskriminasi di tempat kerja. Undang-undang tersebut akan meningkatkan perlindungan bagi pekerja dari diskriminasi berdasarkan kebangsaan, usia, ras, jenis kelamin, atau disabilitas.

  1. Meningkatkan mata pencahariaan bagi pekerja berpenghasilan rendah

Pemerintah Singapura telah menerima tiga proposal dari kelompok kerja yang terdiri dari Pemerintah, serikat pekerja, dan pengusaha yang mempelajari bagaimana pekerja berpenghasilan rendah dapat memperoleh lebih banyak bantuan.

Memperluas upah progresif ke lebih banyak sektor: Ini akan dimulai dengan sektor ritel tahun 2022, diikuti oleh layanan makanan dan pengelolaan limbah. Pihak berwenang juga akan mencakup pekerjaan tertentu di semua sektor secara bersamaan, dimulai dengan asisten administrasi dan pengemudi.

Perusahaan yang mempekerjakan pekerja asing harus membayar semua karyawan Singapura setidaknya “gaji kualifikasi lokal”: Saat ini, perusahaan tersebut harus membayar gaji yang memenuhi syarat sebesar S$1.400 kepada beberapa karyawan residen mereka, bergantung pada jumlah orang asing yang mereka pekerjakan. Perubahan berarti perusahaan tersebut akan diminta untuk membayar semua karyawan Singapura jumlah ini minimal.

Memperkenalkan Tanda Upah Progresif: Tanda tersebut akan mengakreditasi perusahaan yang membayar semua pekerjanya dengan upah progresif, memberi sinyal kepada konsumen perusahaan mana yang membayar semua pekerjanya dengan upah yang layak. Sebagai pembeli utama barang dan jasa, sektor publik akan memimpin pengadaan hanya dari bisnis ini.

Dua langkah pertama akan menguntungkan delapan dari 10 pekerja berpenghasilan rendah, kata Lee.

  1. Kriteria pemegang employment pass dan pemegang S Pass untuk terus diperketat dari waktu ke waktu

Potongan gaji untuk pemegang Employment Pass dan S Pass dinaikkan tahun lalu, dan pihak berwenang akan terus memperketat kriteria dari waktu ke waktu, kata Lee. Pass ini memungkinkan para profesional asing dan staf terampil untuk bekerja di Singapura.

Hal ini untuk memastikan bahwa para profesional asing, manajer dan eksekutif dan pekerja terampil tingkat menengah “datang di tempat yang paling kita butuhkan” dan bahwa Singapura “tidak akan dibanjiri lebih dari yang dapat kita serap, melakukan pekerjaan yang memenuhi syarat bagi warga Singapura. dan tersedia”.

  1. ‘Ubah persneling’ dengan Covid-19 terkendali

PM Lee mengatakan bahwa Singapura harus “mengubah persneling”, sekarang setelah krisis Covid-19 terkendali.

Ini bukan lagi tentang menarik cadangannya untuk menjaga negara tetap bertahan. Sebaliknya, fokusnya harus pada menghasilkan pertumbuhan baru, pekerjaan dan kemakmuran. Ini berarti mempertahankan status pusat bisnis Singapura, menarik lebih banyak investasi asing, dan menumbuhkan perusahaan dan pengusaha Singapura.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments