Tuesday, April 23, 2024
spot_img
HomeSportMenpora Zainudin Amali: Kompetisi Liga 1 Digelar 27 Agustus 2021

Menpora Zainudin Amali: Kompetisi Liga 1 Digelar 27 Agustus 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut kompetisi liga 1 akan bergulir pada 27 Agustus 2021 pekan ini.

Keluarnya izin Liga 1 dan 2 oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menurut Menpora Zainudin Amali salah satunya untuk mempersiapkan pembentukan timnas menuju FIFA World Cup U-20 tahun 2023.

“Kemenpora sebelumnya telah merekomendasikan untuk Kompetisi Liga 1 dan Liga 2, dengan catatan bahwa penerapan protokol kesehatan (prokes) harus dengan sangat ketat. karena pandemi Covid-19 masih ada dan harus lebih berhati-hati. Tempatnya juga harus fleksibel dan dari pihak Polri juga akan menjaga supaya kepatuhan penerapan prokes dapat dilaksanakan sebaik-baiknya,” imbuh Menpora Amali.

Kapolri Komjenpol Listyo Sigit Prabowo usai menindaklanjuti hasil rakor dengan Menpora terkait permohonan PSSI dan PT LIB serta rekomendasi DPR RI, pihaknya telah melaksanakan beberapa kali evaluasi terkait permohonan itu. Meski saat pemerintah masih melaksanaan pengendalian laju Covid-19 serta PPKM level 1-4.

“Hasil assesment dari Kemenkes salah satunya melonggarkan kegiatan olahraga. Tentunya, dengan berbagai macam pembatasan. Mendasari hasil assessment dan evaluasi PPKM maka kami sepakat memberikan persetujuan terkait perijinan untuk dilaksanaan Liga 1 dan 2 dengan prokes ketat,” kata Kapolri di tempat yang sama.

“Hal ini juga telah disetujui PSSI dan pemiliki klub serta suporter. Untuk penyelenggaraan kali ini kita kawal dilaksanakan dengan tanpa penonton. Pelaksanaannya juga tentunya dilaksanakan dengan penegakan prokes ketat,” tambahnya.

Duel Bali United versus Persik Kediri akan menjadi partai pembuka Liga 1 2021/2022. Kick-off pertandingan digelar pada pukul 19.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sementara itu, pertandingan kedua, akan digelar pada Sabtu (28/8/2021) di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Laga yang akan digelar pada pukul 19.00 WIB itu mempertemukan Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang.

Untuk pertandingan ketiga BRI Liga 1 2021/2022, akan mempertemukan Bhayangkara FC versus Persiraja Banda Aceh pada Minggu (29/8/2021) di Indomilk Arena, Tangerang. Pertandingan tersebut dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, memiliki empat instruksi yang harus dijalankan selama kompetisi berlangsung. Ketentuan aturan uji coba protokol kesehatan pada kompetisi sepak bola liga 1 sebanyak 3 pertandingan dari tanggal 27 – 29 Agustus 2021 yang dilaksanakan di provinsi DKI Jakarta telah diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 35/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 – 2 di wilayah Jawa – Bali.

  1. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan Latihan;
  2. Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadiun. Kegiatan menonton bersama oleh supporter juga tidak diperbolehkan;
  3. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif PCR H-1 dan hasil negatif Antigen pada hari pertandingan; dan
  4. Pelaksanaan kompetisi liga 1 wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments