Friday, March 29, 2024
spot_img
HomeNewsPemerintah Indonesia Harapkan Peserta Digital Talent Scholarship Jadi Motor Penggerak Digitalisasi

Pemerintah Indonesia Harapkan Peserta Digital Talent Scholarship Jadi Motor Penggerak Digitalisasi

Pemerintah Indonesia memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy, SDM unggul memiliki karakter profesional, produktif inovatif, mampu bersaing, serta memiliki keterampilan di era teknologi digital.

“Sesuai dengan prioritas Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), saya berharap agar para peserta Digital Talent Scholarship (DTS) bisa menjadi motor penggerak, sekaligus sebagai founder dalam medan digitalisasi di berbagai bidang,” ujarnya dalam Pembukaan Program DTS 2021: Sinergi Pengembangan Talenta Digital, dari Jakarta, Senin (23/8).

Menko PMK menyatakan menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka, Jokowi juga ingin Indonesia memiliki SDM yang siap menghadapi tantangan global dengan kehadiran teknologi revolusi industri 4.0 kedepan.

Menurutnya, Program DTS 2021 menjadi salah satu dari sekian banyak intervensi dari pemerintah dalam upaya mewujudkan SDM Indonesia yang unggul, khususnya dalam bidang teknologi digital.

“Kelebihan dari program ini adalah dapat melibatkan peserta yang beragam, yaitu dari angkatan kerja muda, profesional, SDM TIK, aparatur sipil negara sampai pada masyarakat umum,” jelasnya.

Menko Muhadjir Effendy menilai Program DTS Kominfo didesain untuk menciptakan ekosistem yang seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix, yakni pemerintah, pihak swasta, pelaku usaha, dunia pendidikan tinggi, dan kelompok masyarakat madani atau civil society, serta media massa.

“Kelimanya harus betul-betul bisa memerankan diri dengan baik dan dijalin dengan kokoh, saling mengisi dan saling menguatkan agar terjadi simbiosis yang betul-betul produktif, bisa menjadi fasilitator, bisa menjadi akselerator bahkan bisa juga menjadi motivator dari semua lini kehidupan,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments