Thursday, September 19, 2024
spot_img
HomeInternationalRetno Marsudi Jadi Utusan Khusus Sekjen PBB Pertama dari Indonesia

Retno Marsudi Jadi Utusan Khusus Sekjen PBB Pertama dari Indonesia

INAKINI.COM – Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, sebuah kehormatan ditunjuk sebagai Utusan Khusus Sekretaris Jenderal United Nations (UN) atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk isu air. Menurutnya, penunjukkan ini baru pertama kali dilakukan.

“Penunjukan utusan khusus mengenai isu air ini baru pertama kalinya dilakukan,” kata Retno Marsudi dalam pernyataan pers virtual, Jumat (13/9/2024).

“Dan untuk pertama kalinya juga orang Indonesia mendapat kepercayaan menjadi utusan khusus Sekjen PBB, Posisi tersebut merupakan jabatan baru,” imbuh Retno Marsudi.

Retno Marsudi mengungkapkan, ia baru akan mulai bekerja sebagai utusan khusus sekjen PBB pada 1 November mendatang, setelah tanggung jawabnya sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia selesai.

“Rencana penunjukan saya sebagai utusan khusus Sekjen PBB untuk isu air ini sudah saya konsultasikan dan mendapat persetujuan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto juga memberikan dukungan penuh atas penunjukan ini,” terang Retno Marsudi.

Retno Marsudi nantinya akan bertugas sebagai pejuang dan advokat tingkat tinggi dalam isu air dan sanitasi, mengangkat isu air sebagai agenda politik utama di dalam dan luar PBB. Ia bertugas mempertemukan para pemangku kepentingan dari berbagai kalangan, memperkuat kerja sistem PBB, dan memobilisasi tindakan serta sumber daya keuangan untuk mengatasi krisis air global.

Mewakili Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam proses air global, Retno Marsudi juga akan bekerja sama dengan UN-WATER dan para anggotanya dalam mendukung implementasi Strategi Sistem PBB tentang Air dan Sanitasi di semua tingkatan, sejalan dengan Kerangka Akselerator Global SDG 6.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments