Tuesday, April 30, 2024
spot_img
HomeASEANIndonesia Sebagai Chairmanship ASEAN 2023, Tunjukkan Kepemimpinan Global

Indonesia Sebagai Chairmanship ASEAN 2023, Tunjukkan Kepemimpinan Global

INAKINI.COM – Indonesia kembali berperan dalam konteks global. Jika tahun 2022 Indonesia dipercaya sebagai Presidensi G20, maka tahun 2023 Indonesia akan menjadi tuan rumah atau chairmanship dari ASEAN.

“Tahun depan pada saat kita akan menjadi chairmanship, kita mengusung tema recovery rebuilding, digital ekonomi, dan sustainable finance atau sustainability. Ini adalah tema yang akan terus berulang karena memang ini adalah tema-tema yang sangat relevan dengan tantangan ekonomi saat ini dan suasana geopolitik serta perubahan tren global yang sedang terjadi,” ungkap Menteri Keuangan Indonesia (Menkeu) pada Acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Tahun 2022 yang dilaksanakan secara hybrid, pada Senin (08/08).

Sri Mulyani Indrawati menyampaikan keketuaan ASEAN 2023 akan memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta mengatasi berbagai tantangan maupun risiko dalam pemulihan ekonomi global, termasuk menciptakan ekonomi kawasan yang lebih kuat dengan landasan yang lebih kompetitif dan berkelanjutan.

“Kita akan terus mendukung dan mendorong agar kerja sama di ASEAN juga tidak hanya bersifat pembahasan policy yang besar, namun juga mencakup dukungan dan afirmasi serta perkuatan terhadap pelaku ekonomi, terutama pelaku ekonomi skala kecil,” jelas Menkeu.

Sama halnya dengan Presidensi G20, kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada 2023 dapat menjadi momentum untuk menurunkan konflik dan tensi politik dunia. Ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

“Semakin Indonesia bisa ikut mendorong kerja sama dan menurunkan tensi dunia, maka Indonesia seperti yang diamanatkan di dalam undang-undang dasar kita bahwa Indonesia sebagai sebuah negara merdeka ikut bertanggung jawab menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial serta kemerdekaan,” pungkas Menkeu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments