Saturday, October 5, 2024
spot_img
HomePoliticsSultan Najamudin Dilantik Jadi Ketua DPD RI 2024-2029

Sultan Najamudin Dilantik Jadi Ketua DPD RI 2024-2029

INAKINI.COM – Sultan Bachtiar Najamuddin, anggota DPD RI pewakilan Provinsi Bengkulu, terpilih menjadi Ketua DPD RI periode 2024-2029. Proses pemilihan tersebut berlangsung sejak Selasa (1/10/2024) malam, hingga Rabu (2/10/2024) dini hari.

Paket Pimpinan DPD RI yang dipilih adalah untuk Paket 1, La Nyalla Mattalitti bersama Nono Sampono, Andi Muh. Ikhsan, Elviana. Sedangkan untuk Paket 2, Sultan Bachtiar Najamuddin bersama GKR Hemas, Yorris Raweyai, Tamsil Linrung.

Dari hasil pemilihan, Paket 2 Sultan B. Najamuddin meraih suara terbanyak, dengan jumlah 95 suara. Sementara Paket 1, La Nyalla Mattalitti meraih 56 suara.

Ketua DPD RI terpilih, Sultan Najamuddin mengatakan komposisi paket pencalonan pimpinan DPD RI yang dibentuknya sudah cukup ideal dan inklusif. “Bang Yoris merupakan tokoh politik senior, tokoh agama wilayah Timur, Ibu Ratu Hemas representasi figur perempuan dan bang Tamsil juga tokoh agama Islam,” ungkap Sultan.

Sultan menambahkan bahwa nanti akan bekerjasama dengan media. “Selama ini kegiatan DPD RI kurang terekspos, maka nanti kami akan melibatkan teman-teman media, mungkin satu atau dua minggu sekali akan ada coffee morning.” tutup Sultan.

Pelantikan digelar di ruang rapat paripurna DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024) pukul 02.30 WIB. Total ada 151 dari 152 anggota DPD yang melakukan voting. Pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan DPD tentang pimpinan DPD periode 2019-2024.

Acara kemudian berlanjut ke agenda pengucapan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin. Sultan dan tiga pimpinan DPD berjanji mengutamakan kepentingan bangsa dan daerah.

Berikut susuan kepimimpinan DPD RI:

  • Ketua: Sultan B Najamuddin
  • Wakil Ketua: GKR Hemas, Yorrys, Tamsil Linrung
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments