Monday, September 16, 2024
spot_img
HomeNewsJokowi Buka ISF 2024, Perlunya Kolaborasi Hadapi Perubahan Iklim

Jokowi Buka ISF 2024, Perlunya Kolaborasi Hadapi Perubahan Iklim

INAKINI.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kolaborasi global dalam menangani perubahan iklim.

Dalam sambutan pembukaannya di Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis (5/9/2024), Presiden Jokowi mengingatkan bahwa krisis iklim tidak dapat diselesaikan jika dunia masih menggunakan pendekatan ekonomi yang egosentris.

“Untuk menyelesaikannya, butuh pendekatan kolaboratif, berperikemanusiaan, dan sinergi antara negara maju dan berkembang. Proses itu tidak boleh mengorbankan kepentingan rakyat kecil,” ucap Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa ekonomi hijau tidak hanya tentang perlindungan lingkungan, tetapi juga menciptakan kesejahteraan berkelanjutan. Indonesia berkomitmen untuk memberikan kontribusi signifikan dalam upaya global mencapai net zero emission dengan memanfaatkan berbagai potensi energi hijau.

“Indonesia memiliki lebih dari 3.600 gigawatt potensi energi hijau, termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya Apung (PLTS Apung) di Waduk Cirata, dengan kapasitas 192 megawatt peak (MWp), yang merupakan terbesar di Asia Tenggara dan ketiga terbesar di dunia,” jelas Presiden.

Peran Penting Hutan Mangrove dan Kawasan Industri Hijau

Selain energi terbarukan, Presiden Jokowi juga menyoroti pentingnya hutan mangrove seluas 3,3 juta hektare di Indonesia yang dapat menyerap karbon secara efektif. Indonesia juga memiliki salah satu kawasan industri hijau terbesar di dunia. Namun, Jokowi menegaskan bahwa dukungan negara maju sangat dibutuhkan untuk mempercepat penanganan perubahan iklim.

“Semua itu tidak akan memberi dampak signifikan jika investasi dari negara maju tidak ada, riset dan teknologi tidak terbuka, dan pendanaan tidak diberikan dengan skema yang meringankan negara berkembang,” lanjutnya.

Kolaborasi Global untuk Masa Depan yang Lebih Hijau

Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam upaya global menangani perubahan iklim. ISF 2024 diharapkan menjadi tempat bagi berbagai pihak untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya guna bersama-sama menghadapi tantangan global ini.

“Indonesia sangat terbuka untuk bermitra dengan siapapun guna memaksimalkan potensi energi hijau demi masa depan yang lebih berkeadilan dan inklusif,” kata Presiden.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments