Monday, September 16, 2024
spot_img
HomeInternationalJokowi Buka Forum Tingkat Tinggi HLF MSP dan Indonesia-Africa Forum 2024

Jokowi Buka Forum Tingkat Tinggi HLF MSP dan Indonesia-Africa Forum 2024

INAKINI.COM = Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, pada Senin (2/9/2024) pagi.

Dalam pidatonya, Jokowi menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi mitra global dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs).

“Indonesia berkomitmen memperjuangkan kesetaraan dan keadilan,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan bahwa volume perdagangan yang dihasilkan dari Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 diperkirakan mencapai USD3,5 miliar, meningkat 6 kali lipat dari hasil IAF pertama pada 2018. Angka ini menunjukkan keberhasilan Indonesia dalam memperkuat hubungan ekonomi dengan negara-negara Afrika.

High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024 di Bali mengusung tema “Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change” dan diharapkan menjadi platform efektif untuk mempromosikan dialog kebijakan serta memperkuat komitmen global terhadap pembangunan berkelanjutan.

Forum itu menghadirkan sesi utama seperti Joint Leaders Session Indonesia Afrika Forum (IAF) dan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024 serta High-Level Plenary Session pada hari kedua.

Selain itu, acara ini juga menyelenggarakan 12 parallel events dan 17 side events yang berlangsung hingga 3 September 2024.

Topik-topik yang dibahas dalam forum itu sangat relevan dengan isu-isu pembangunan berkelanjutan, termasuk strategi untuk meningkatkan kerja sama lintas sektor dan lintas negara dalam menghadapi tantangan global.

Dengan kehadiran berbagai pemangku kepentingan dari seluruh dunia, Indonesia berharap dapat memainkan peran kunci dalam mendorong perubahan transformasional yang lebih inklusif dan berkelanjutan di tingkat global.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments