Monday, September 16, 2024
spot_img
HomeBusinessPeringatan Hapernas 25 Agustus, Ini Tema dan Sejarahnya

Peringatan Hapernas 25 Agustus, Ini Tema dan Sejarahnya

INAKINI.COM – Hari Perumahan Nasional (Hapernas) diperingati setiap tanggal 25 Agustus, tema Hapernas 2024 sudah didengungkan yakni “Digitalisasi Perumahan” sebagai bentuk penerapan teknologi digital pada sektor perumahan guna meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan keamanan dalam manajemen dan pengelolaan properti perumahan serta dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat.

Ada pun sejarah penentuan tanggal 25 Agustus sebagai Hari Perumahan Nasional (Hapernas) berdasarkan Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 46/KPTS/M/2008.

Penentuan tanggal Hari Perumahan Nasional (Hapernas), dimulai pada Kongres Perumahan Rakyat Sehat yang digelar pada 25–30 Agustus 1950 di Bandung. Kongres tersebut dihadirkan oleh Wakil Presiden Pertama RI Muhammad Hatta, selanjutnya, Bung Hatta dikenal sebagai Bapak Perumahan Nasional.

Dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2024, sejumlah pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berziarah. Mereka melaksanakan ziarah dan tabur bunga ke makam Bung Hatta di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta pada Jumat (23/8/2024).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, semangat dan pemikiran Bung Hatta ini dapat dijadikan motivasi bagi generasi penerus saat ini. Seperti untuk memastikan akses rumah layak huni dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Pemikiran Bung Hatta sangat mementingkan kehidupan bangsa Indonesia. Dalam hal ini terselenggaranya pemenuhan kebutuhan rumah,” kata Mohammad Zainal Fatah.

Mohammad Zainal Fatah mengatakan pemikiran tersebut menjadi pedoman pemerintah dari masa ke masa. Tercermin dari kebijakan yang terus berupaya mendorong pemenuhan kebutuhan kepemilikan rumah.

“Upaya ini untuk memenuhi kekurangan kebutuhan atau backlog perumahan. Gagasan Bung Hatta tersebut diwujudkan melalui Program Sejuta Rumah yang dikawal oleh Kementerian PUPR,” kata Sekjen Zainal Fatah lagi.

Mohammad Zainal Fatah mengatakan, Hari Perumahan Nasional (Hapernas) diharapkan dapat menjadi momentum. Untuk mendorong peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan tentang pentingnya pemenuhan hunian yang layak untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Sesuai dengan tema Hari Perumahan Nasional tahun 2024, yaitu Digitalisasi Perumahan. Di mana saat ini transformasi teknologi terus berkembang seiring semakin besarnya tuntutan berbagai kemudahan oleh masyarakat untuk mendapatkan rumah layak huni,” ujar Mohammad Zainal Fatah.

Dalam penyediaan perumahan layak huni ini. Perlu didukung dengan platform yang tepat, kreatif, efisien dan mengikuti teknologi terkini dalam pemutakhiran database kebutuhan.

Sebagai rangkaian agenda peringatan Hapernas tahun 2024 maka dihadirkan acara PropTech Convention and Expo yang dapat dimanfaatkan sebagai ajang publikasi dan koordinasi bagi berbagai pemangku kepentingan dari Kementerian/Lembaga, perbankan/lembaga keuangan, investor, pelaku pembangunan/pengembang, pelaku usaha industri material, penyedia tenaga kerja, dan pemilik star-up atau teknologi aplikasi digital di bidang perumahan.

Proptech Convention and Expo di Auditoriun Kampus Kementerian PUPR di Jakarta, Jum’at (23/8/2024).

Kegiatan Proptech Convention and Expo menampilkan berbagai produk, layanan, dan inovasi dari berbagai pemangku kepentingan dari Kementerian/ Lembaga, perbankan, pelaku pembangunan/ pengembang, pelaku usaha industri material, dan pemilik starup atau teknologi aplikasi digital, di antaranya BP Tapera, PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) (BRI) Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) (BNI) Tbk, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Selanjutnya ada PRIMAVERSE, PT. Mowilex Indonesia, Perare.io, Falken UPVC, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT. Propan Raya ICC, PT. Ciputra Development Tbk/Ciputra Group, PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) Persero, PT. Sinarmas Land, PT. Indokoei International, Bali Invest, PT. Telkom Indonesia Tbk.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments