Monday, September 16, 2024
spot_img
HomeTravelEmpat Catatan Penting Mendagri untuk 15 Pos Lintas Batas Negara

Empat Catatan Penting Mendagri untuk 15 Pos Lintas Batas Negara

INAKINI.COM – Menteri Dalam Negeri Indonesia (Mendagri) Tito Karnavian memberikan empat catatan penting untuk 15 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tersebar di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia.

Catatan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Robert Simbolon, yang menjadi Inspektur Upacara di PLBN Motamasin, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, mewakili Mendagri pada Sabtu (17/8/2024).

“Melalui momentum peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa catatan untuk menjadi perhatian bersama,” ujar Robert Simbolon.

Robert Simbolon mengatakan, catatan pertama berkaitan dengan aspek ekonomi kawasan, di mana perlu diperkuat rantai pasok logistik dalam negeri hingga ke kawasan perbatasan serta terus mengupayakan peningkatan nilai tambah produk lokal.

Catatan kedua, terkait pengelolaan PLBN, diperlukan peningkatan tata kelola pengawasan dan pelayanan di semua PLBN, serta pelaksanaan penilaian risiko (risk assessment) baik dalam aspek pengamanan maupun pelayanan.

“Ketiga, dalam hal pelayanan lintas batas negara, termasuk keimigrasian, kepabeanan, dan kekarantinaan, kita perlu meningkatkan kapasitas lembaga dan personel pelayanan terdepan sebagai simpul penjaga kedaulatan negara di halaman depan,” jelas Robert Simbolon.

Catatan terakhir dari Tito Karnavian mengingatkan seluruh lapisan masyarakat di perbatasan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Semua warga negara Indonesia di perbatasan diharapkan mampu tampil sebagai simbol nasionalitas di kawasan perbatasan.

“Pengelolaan perbatasan negara merupakan urusan pemerintahan yang bersifat multifungsional dan kompleks,” tutup Robert Simbolon.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments