Monday, September 16, 2024
spot_img
HomeBusinessMenteri Basuki Buka Expo IKN dan Forum Investasi 2024, Saatnya UMKM Bangkit

Menteri Basuki Buka Expo IKN dan Forum Investasi 2024, Saatnya UMKM Bangkit

INAKINI.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggelar Expo IKN 2024 di Kompleks Stadion Panglima Sentik, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (15/8/2024).

Acara yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 Agustus 2024 ini menampilkan pameran produk UMKM, peluang investasi, forum pengembangan daerah, serta hiburan panggung.

Menteri PUPR yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono, berharap kehadiran IKN akan terus mendorong transformasi ekonomi Kabupaten Penajam Paser Utara.

Basuki Hadimuljono menyebut Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai penyangga utama IKN dengan tagline Serambi Nusantara, yang akan menjadi kawasan strategis dalam pembangunan Ibu Kota baru.

“Ini saatnya Penajam Paser Utara bangkit. Pertumbuhan ekonomi PPU mencapai hampir 14 persen, lebih tinggi dari rata-rata nasional. Potensinya besar, terutama dalam sektor pangan,” ujar Basuki Hadimuljono.

Basuki Hadimuljono menegaskan pentingnya dukungan infrastruktur untuk memanfaatkan potensi besar di Penajam Paser Utara. Ia menginstruksikan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kaltim untuk meninjau rencana pembangunan Bendungan Talake, yang akan mendukung pertanian di kawasan Babulu Laut dan Babulu Darat.

Selain itu, ia mengusulkan untuk melanjutkan pembangunan Jembatan Teluk Balikpapan yang dinilai dapat memperkuat posisi Penajam Paser Utara sebagai mitra strategis pembangunan IKN, bukan sekadar penyangga.

Dalam acara Expo IKN 2024, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat apresiasi dari Menteri PUPR atas upaya mereka membuka peluang ekonomi kreatif dan UMKM lokal. Sebanyak 150 stand berpartisipasi dalam pameran ini, yang menghadirkan beragam produk dan informasi infrastruktur dasar yang telah dibangun untuk mendukung pertumbuhan IKN.

Basuki Hadimuljono juga menyampaikan bahwa partisipasi UMKM dalam Expo ini menjadi bukti bahwa ekonomi daerah dapat terangkat melalui kerja sama yang erat antara pemerintah daerah, UMKM, dan sektor swasta.

Hadirnya Expo IKN 2024 di kabupaten Penajam Paser Utara diharapkan mampu semakin memaksimalkan perannya sebagai Serambi Nusantara dalam mendukung pembangunan IKN. Potensi UMKM, investasi, dan pertumbuhan ekonomi menjadi fokus utama yang didorong melalui berbagai inisiatif infrastruktur dan inovasi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments