Saturday, September 7, 2024
spot_img
HomeNewsHokky Situngkir Dilantik Dirjen Aptika Kementerian Kominfo

Hokky Situngkir Dilantik Dirjen Aptika Kementerian Kominfo

INAKINI.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, melantik Hokky Situngkir sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggantikan posisi Semuel Abrijani Pangerapan yang mengundurkan diri pada 1 Juli 2024.

Dalam tugas barunya itu, Hokky Situngkir diminta untuk fokus menyelesaikan dua tugas utama, yakni terkait kepemimpinan dan tata Kelola organisasi serta pelaksanaan program prioritas Kominfo.

“Secara lebih spesifik, saya ingin memberikan beberapa instruksi yang terbagi dalam dua klaster yakni terkait dengan kepemimpinan dan tata kelola organisasi, serta yang kedua terkait dengan pelaksanaan program prioritas,” kata Menkominfo dalam keterangannya terkait pelantikan Hokky Situngkir sebagai Dirjen Aptika Kominfo di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, pada Jumat (19/7/2024).

Budi Arie Setiadi mengatakan, pelantikan itu adalah tindak lanjut Keputusan Presiden RI Nomor 83/TPA Tahun 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditetapkan pada 16 Juli 2024, di Kantor Kementerian Kominfo.

Terkait tugas kepemimpinan dan tata kelola organisasi, Menkominfo memberikan arahan terkait dengan peningkatan kualitas perencanaan, akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran, pemberdayaan birokrasi, dan penguatan kolaborasi dengan ekosistem.

Sedangkan terkait pelaksanaan program prioritas, Menkominfo meminta Hokky Situngkir meneruskan upaya pemberantasan judi online; pemulihan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Dua Surabaya, Provinsi Jawa Timur, beserta ekosistemnya; penuntasan sejumlah regulasi di bidang Aptika seperti Aturan Pelaksana Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP), dan Peraturan Menkominfo (Permenkominfo) tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Publik; yakni mengenai pengembangan ekosistem ekonomi digital dan peningkatan literasi digital.

Menkominfo berharap Hokky Situngkir dapat mengemban tugas dengan baik dan optimal.

Selain itu dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail, yang telah mengemban tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Aptika selama dua minggu terakhir.

“Kepada Pak Hokky Situngkir, selamat mengemban tugas untuk mewujudkan visi besar Bapak Presiden Joko Widodo, menuju Indonesia Emas 2045, melalui transformasi digital yang bermakna, memberdayakan, dan berkelanjutan,” tandas Menkominfo.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments