Tuesday, July 16, 2024
spot_img
HomeInternationalInnalillahi, Pemegang Kunci Ka'bah Ke-77 Wafat di Makkah

Innalillahi, Pemegang Kunci Ka’bah Ke-77 Wafat di Makkah

INAKINI.COM – Dr Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, penjaga sekaligus pemegang kunci Ka’bah meninggal dunia di Kota Makkah pada Jumat (21/6/2024) malam. Salat jenazah diadakan setelah Subuh pada Sabtu (22/6/2024) di Masjidil Haram.

Dr Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi juga langsung dimakamkan di pemakaman Al Mu’alla, Makkah.

Dr Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, yang meraih gelar doktor dalam studi Islam, adalah seorang profesor universitas dan penulis beberapa karya tentang keyakinan dan sejarah. Ia merupakan pemegang kunci Ka’bah ke-77 sejak penaklukan Kota Makkah.

Tanggung jawabnya antara lain membuka dan menutup Ka’bah, membersihkan, mencuci, memperbaiki Kiswah (penutup), dan menyambut pengunjung. Dia mengambil alih perwalian setelah kematian pamannya, Abdulqader Taha Al-Shaibi, pada tahun 2013.

Putranya, Abdulrahman Saleh Al-Shaibi, mengatakan bahwa mengucapkan selamat tinggal kepada ayahnya adalah salah satu momen tersulit dan paling menyedihkan dalam hidupnya. Ia menambahkan, pihak keluarga menerima kehendak Allah Swt.

Ia melanjutkan, ayahnya baru-baru ini menderita sakit tetapi tetap sabar dan tabah. Seluruh masyarakat Arab Saudi turut berdukacita atas hilangnya pilar keluarga Al-Shaibi.

Al-Shaibi mengetuai Departemen Akidah di Universitas Umm Al-Qura selama lebih dari dua dekade. Ia dikenal karena pendekatan ilmiahnya dan kecintaannya pada pengetahuan. Almarhum mendalami isu-isu agama dan doktrin.

Sebagai seorang akademisi, ia meninggalkan pengaruh yang signifikan dan bertahan lama.

Raja Fahd bin Abdulaziz mengangkatnya ke Dewan Syura Saudi, dan Al-Shaibi menjabat sebagai wakil pamannya dalam perwalian Ka’bah hingga menjadi pemegang kunci.

Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi berduka atas meninggalnya Syekh Dr Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi.

“Dengan ketetapan Allah Swt, Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi serta seluruh pegawainya menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga almarhum, Syekh Dr Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, penjaga senior Ka’bah Suci,” tulisnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments