Wednesday, June 19, 2024
spot_img
HomeInternationalNarendra Modi Mundur dari Jabatan Perdana Menteri India

Narendra Modi Mundur dari Jabatan Perdana Menteri India

INAKINI.COM – Perdana Menteri India Narendra Modi pada Rabu (5 Juni 2024) memimpin rapat terakhir kabinet Persatuan yang merekomendasikan pembubaran Lok Sabha ke-17, menggerakkan proses pembentukan pemerintahan berikutnya setelah Aliansi Demokratik Nasional pimpinan National Democratic Alliance (NDA) memenangkan mayoritas tipis di Lok Sabha.

Narendra Modi pergi ke Rashtrapati Bhavan untuk segera menemui Presiden Droupadi Murmu.

Perdana Menteri, Shri Narendra Modi, bertemu dengan Presiden pada Rabu (5/6) dan mengajukan pengunduran dirinya bersama dengan Dewan Menteri. Presiden telah menerima pengunduran diri tersebut dan meminta Shri Narendra Modi dan Dewan Menteri untuk terus melanjutkan sampai pemerintahan baru mulai menjabat,” demikian komunike Rashtrapati Bhavan.

Orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan rapat kabinet yang merekomendasikan pembubaran Lok Sabha diadakan di kediaman perdana menteri sekitar pukul 11:30 waktu setempat.

Masa jabatan Lok Sabha ke-17 saat ini berakhir pada 16 Juni 2024.

Dengan 293 kursi, NDA berada di atas angka mayoritas yaitu 272 dari 543 anggota Lok Sabha. BJP, yang memperoleh 240 kursi, gagal mencapai separuh jalan untuk pertama kalinya sejak 2014, dan bergantung pada sekutunya dalam pembentukan pemerintahan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments