Saturday, July 27, 2024
spot_img
HomeAutomotiveSIM C1 Resmi Diluncurkan untuk Pengemudi Motor Gede 250-500cc

SIM C1 Resmi Diluncurkan untuk Pengemudi Motor Gede 250-500cc

INAKINI.COM – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 untuk kendaraan motor dengan kapasitas mesin 250-500 cc.

SIM C1 ini diluncurkan untuk meningkatkan kompetensi pemotor.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan peluncuran SIM C1 ini untuk meningkatkan kompetensi pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

“Kompetensi mengemudi ini menjadi sangat penting, kalau saya ibaratkan jalan raya ini hutan rimba, di situ ada ular kobra, ada ular piton, ada binatang buas, ada kalajengking, yang setiap saat akan memangsa kita,” kata Aan di Jakarta pada Senin (27/5).

Aan menjelaskan, sebenarnya aturan mengenai SIM C1 ini sudah ada sejak 2021 namun baru direalisasikan pada tahun ini.

“Karena kita ingin memastikan betul sistem dan lain sebagainya ini bisa kita implementasikan pada saat nanti setelah peluncuran. Sekaligus juga kita ingin memastikan bahwa adanya perbedaan antara kompetensi SIM C dan SIM C1,” lanjutnya.

Aan juga menambahkan adanya penyesuaian ujian SIM itu. Nantinya ada tiga jenis SIM sesuai dengan kompetensi masing-masing.

“Ujian SIM C1 itu 250-500 cc, nanti berikutnya setahun yang akan datang, kita akan launching SIM C2 itu 500 cc ke atas,” katanya.

Aan juga menambahkan peluncuran SIM C1 menjadi sangat penting karena minimal dapat mengurangi potensi kecelakaan yang terjadi di jalan.

“Peragaan kompetensi yang baik, ‘attitude’ yang baik. Ini sedikit banyak akan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di jalan,” tutur Aan.

Hal ini juga diharapkan berkontribusi dalam rangka menciptakan pengemudi yang berkeselamatan dan dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Karena nanti yang mendapatkan SIM, baik itu C1 maupun C2, betul-betul para pengemudi yang sudah punya ‘skill’, punya ‘knowledge’ dan punya ‘attitude’ yang baik,” katanya.

Peluncuran SIM C1 di Satpas Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments