Saturday, May 4, 2024
spot_img
HomeFinanceBI Naikkan Suku Bunga 6,25 Persen Pada April 2024

BI Naikkan Suku Bunga 6,25 Persen Pada April 2024

INAKINI.COM – Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25 basis poin ke level 6,25 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang berlangsung pada 23-24 April 2024.

Kemudian suku bunga deposit facility juga naik 25 basis poin menjadi 5,5 persen dan suku bunga lending facility naik 25 basis poin menjadi 7 persen.

“Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 23-24 April 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 25 bps menjadi 6,25 persen,” ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers pada Rabu (24/4).

Menurut Perry Warjiyo, kenaikan suku bunga ini untuk memperkuat stabilitas nilai tukar rupiah dari dampak memburuknya risiko global serta sebagai langkah preemptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap dalam sasaran 2,5 persen pdaa 2024 dan 2025, sejalan dengan stance kebijakan moneter yang prostability.

Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong kredit/pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

“Kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri sistem pembayaran, serta memperluas akseptasi digitalisasi sistem pembayaran,” kata Perry Warjiyo.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments