Sunday, April 28, 2024
spot_img
HomePoliticsJokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Plt Menko Polhukam

Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Plt Menko Polhukam

INAKINI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken surat keputusan presiden (keppres) tentang pemberhentian Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Keppres dengan Nomor 20/P Tahun 2024 itu ditandatangani pada Jumat (2/2).

“Presiden Jokowi telah menandatangani Keppres No 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menko Polhukam,” ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis.

Pada keppres yang sama, Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri Indonesia (Mendagri) Tito Karnavian jadi pelaksana tugas (plt) Menko Polhukam.

“Penunjukkan Bapak Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas, wewenang, dan tanggung jawab Menko Polhukam x periode tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif,” ucap Ari.

Sebelumnya, Mahfud MD telah menyampaikan surat pengunduran diri ke Jokowi pada Kamis (1/2).

Mahfud MD menyebut ada tiga poin utama dalam surat pengunduran dirinya tersebut. Ia mengaku bertemu sekitar 10 menit dengan Jokowi dan berbicara dari hati ke hati.

Adapun Mahfud MD saat ini maju sebagai calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024. Ia mengaku salah satu alasannya mengundurkan diri dari kursi menteri karena tak mau terlibat benturan kepentingan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments