Wednesday, June 19, 2024
spot_img
HomePoliticsResmi! Prabowo Umumkan Gibran Cawapres di Pilpres 2024

Resmi! Prabowo Umumkan Gibran Cawapres di Pilpres 2024

INAKINI.COM – Putra sulung Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming resmi diumumkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto di Pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Nama Gibran diumumkan usai pertemuan para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo di Kartanegera pada Minggu (22/10) malam.

“Kita telah berembuk secara final secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai presiden KIM, untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM,” kata Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Saya kira itu. Pengumuman yang ditunggu, ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 Oktober 2023 atau Rabu kita akan daftar di KPU,” ujarnya menambahkan.

Selain Prabowo, hadir dalam pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Mereka didampingi para sekretaris jenderal dan pengurus teras masing-masing partai.

Sementara, Gibran sendiri tak hadir dalam pertemuan tersebut.

Kabar pengumuman Gibran sebagai cawapres maju dari semula akan diumumkan usai Rapimnas Partai Gerindra, Senin (23/10). Para ketua umum di KIM telah menyepakati nama Gibran sebagai cawapres Prabowo di Pilpres 2024.

Saat ini, partai koalisi pengusung Prabowo antara lain Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Partai Gelora, dan Partai Garuda.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengaku sudah komunikasi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dinamika politik di koalisinya yang santer mengusung Gibran sebagai bacawapres. Prabowo menyebut dirinya sebagai warga Indonesia tentu menghormati adat budaya kulo nuwun atau permisi. Termasuk ketika Golkar sebagai salah satu partai koalisi pengusungnya memutuskan Gibran sebagai bakal cawapres pendamping dirinya.

“Ya tentunya sebagai orang Indonesia dengan adat budaya kita, tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita,” ujarnya usai meresmikan Rumah Sakit Kodam V/Brawijaya di Surabaya, Minggu (22/10).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments